Belajar dari Redesign Airbnb Summer App 2025: Dari 3D Icons Hingga UX yang Autentik

Beberapa waktu lalu, dunia mobile UX design telah dihebohkan dengan gebrakan dari Airbnb dengan redesign edisi summer app 2025. Mobile app development Airbnb telah memunculkan standar tren baru dengan inovasi desain 3D yang begitu ikonik. 

Bahkan tidak sedikit designer yang mencoba meramaikan berbagai ‘hack’ untuk membuat ikon 3D isometrik seperti Airbnb melalui teknologi canggih berbasis AI seperti ChatGPT. Tidak hanya pioneer tren desain, Airbnb seakan menawarkan sensasi perjalanan baru yang lebih dari sekadar tempat penginapan, tetapi layanan serasa di rumah hanya dalam satu aplikasi. Tentu menarik, bukan?

Pembaruan Airbnb Summer App 2025 yang Menarik Perhatian Dunia Design

Pembaruan Airbnb Summer App 2025 yang Menarik Perhatian Dunia Design

Berikut beberapa poin menarik mobile app development yang bisa dipetik dari inovasi terbaru aplikasi Airbnb edisi summer tahun 2025. 

Eksplorasi Visual 3D Icons & Animasi

Alih-alih mengusung gaya flat minimalis seperti desain pada umumnya, tampilan interface Airbnb begitu playful dengan ikon animasi dan elemen 3D. Desain ikon tersebut seakan mengingatkan gaya skeuomorfik ala Pixar yang terinspirasi dari dunia nyata. 

3D icons seperti tanah liat ini memberikan nuansa nostalgia yang menyenangkan dan hadir penuh semangat. Belum lagi tekstur ikon yang juga turut mempertegas identitas tampilan. 

Efek animasi yang dipakai terlihat begitu halus, mengalir, serta menggunakan bayangan presisi. Hal ini memberikan kesan pengalaman visual yang terasa nyata dan responsif tanpa mengabaikan kegunaan dan kemudahan navigasi. 

Arsitektur Aplikasi yang Terstruktur

Airbnb mengembangkan mobile app tidak hanya sebagai aplikasi pemesanan akomodasi saja, tetapi bertransformasi menjadi super app. Aplikasi penunjang gaya hidup masyarakat modern dengan tiga pilar utamanya yaitu Homes, Experience, dan Services.

Setiap pilarnya memiliki desain visual dan pendekatan unik, namun tetap terintegrasi konsisten dalam satu ekosistem aplikasi. Perubahan ini tentu bukan hal sepele. 

Perubahan ini menuntut perombakan krusial mulai dari desain, sistem navigasi, hingga pola interaksi. Lalu, apa tujuannya? Tentu menciptakan pengalaman pengguna yang exceptional yaitu kemudahan pemesanan, pencarian, dan lain sebagainya. 

Icons Baru dan Visual Aset Menarik

Beberapa waktu terakhir memang tim desain Airbnb telah merancang ikon-ikon baru. Tidak hanya fungsional, ikon-ikon ini seakan membawa pesan keceriaan. Gaya desain ikon tersebut cukup autentik dengan bentuk tebal, melengkung, dan ekspresif. Hal ini tentu saja akan menghidupkan interface mobile app dengan detail visual yang memanjakan mata. 

Meskipun tidak sedikit dari kalangan komunitas UX yang memiliki perbedaan pendapat soal perubahan Airbnb, namun mayoritas desainer cukup mengapresiasi pendekatan layanan hotel tersebut dengan karakter uniknya sehingga memperkaya kedalaman visual aplikasi. 

Konsistensi Design Brand yang Selaras dengan Goal Business

Salah satu tantangan dalam mobile app development adalah menjaga konsistensi design brand dengan tujuan fundamental bisnis. Meski beberapa elemen desain UX diperbarui, brand ini tetap menunjukkan identitasnya. 

Gaya visual yang sederhana, dinamis, playful, dan ekspresif, perubahan ini tidak serta-merta mengubah identitas brand mereka. Penyegaran ini justru semakin mempertegas arah baru Airbnb sebagai platform gaya hidup dan perjalanan, bukan hanya aplikasi untuk memesan tempat penginapan. 

User Experience yang Autentik dan Emosional

Tujuan dari Airbnb adalah mereka tidak ingin hanya menghadirkan tempat penginapan dalam sebuah perjalanan, tetapi pengalaman serasa di rumah yang begitu personal dan bermakna. 

Melalui desain intuitif, fitur yang kontekstual sesuai dengan wilayah bepergian, serta kurasi layanan, setiap interaksi di dalam aplikasi dirancang untuk membangun koneksi emosional pengguna. 

Anda bahkan bisa menemukan layanan seperti pijat, spa, fotografi, koki masakan lokal rumahan, initiary otomatis, dan masih banyak lagi. 

Insight untuk Designer & Developer: Apa yang Bisa Dipelajari?

Lantas, apa yang bisa Anda pelajari sebagai designer atau developer

Mobile app development yang dilakukan oleh Airbnb tentu saja menunjukkan bahwa mereka benar-benar fokus pada human-centric. Artinya, mereka menekankan pada pengalaman pengguna secara menyeluruh dengan menggabungkan elemen akomodasi, layanan, dan aktivitas dalam satu perjalanan yang menyenangkan. 

Bagi desainer maupun developer, Airbnb bisa menjadi studi kasus menarik bagaimana desain UI/UX yang fungsional menyatu dengan visual storytelling. Hal ini tentu saja memberikan dampak tersendiri pada eksistensi brand.

Redesign mobile app seakan menjadi upaya untuk memperkuat positioning Airbnb sebagai super app yang menunjang gaya hidup dan perjalanan pengguna. 

Pembaruan Airbnb tidak hanya menghidupkan tren baru 3D icons dalam desain visual maupun mobile app development, tetapi juga framework bisnis strategis untuk penyegaran brand yang lebih dinamis. 

Ingin menggunakan elemen 3D ikonik seperti Airbnb dalam mobile app bisnis Anda? Anda bisa mengandalkan mobile app development dari tim EON Creative DigitalKami siap mendesain ulang aplikasi Anda dengan nuansa baru, modern, dan autentik. 

Explide
Drag