Tips Komunikasi dari Marketing Agency Agar Leader Anda Melek Investasi SEO

Keresahan praktisi SEO saat ini tidak hanya berkutat pada perubahan algoritma, persaingan bisnis, atau bahkan desas-desus ancaman AI, tetapi leader business atau bos yang tidak begitu paham dan mengerti tentang proses SEO. 

Apakah Anda juga mengalami hal yang sama? Ada kalanya strategi digital bisnis Anda berhenti di tempat bukan karena persoalan teknis semata, tetapi perbedaan mindset dan perspektif antara leader dengan tim SEO. Mungkin saja bos Anda mengharapkan hasil yang instan dan berdampak langsung terhadap sales

Sedangkan sebagai praktisi SEO, Anda tahu betul bahwa strategi optimasi ini sifatnya jangka panjang yang membutuhkan proses secara konsisten. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menyakinkan leader business melalui tips komunikasi dari marketing agency berikut ini. Penasaran?

Kenapa Masih Banyak Leader Bisnis yang Meremehkan SEO?

Kenapa Masih Banyak Leader Bisnis yang Meremehkan SEO?

Pada dasarnya, tidak semua bos atau leader bisnis memiliki pengetahuan search engine optimization yang memadai seperti Anda, praktisi SEO, ataupun tim dari marketing agency. Sederhananya, memang itu bukanlah tugas mereka. 

Setidaknya terdapat beberapa alasan mengapa masih banyak leader atau bos yang memandang sebelah mata SEO:

SEO Tidak Memberikan Hasil Instan Seperti Iklan

Pertama, para leader tentu saja selalu menanamkan mindset tentang impact dan efektivitas bisnis. Ketika berbicara soal dampak, SEO bukanlah sesuatu hal yang bisa dikejar dalam semalam. Anda membutuhkan konsistensi strategi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk memberikan hasil secara nyata. 

SEO akan sangat berbeda dengan iklan. Iklan bisa saja menghasilkan trafik atau bahkan leads dengan cepat. SEO itu bisa diibaratkan seperti Anda sedang menanam bunga. Anda harus mengupayakan hal terbaik agar tanaman terus tumbuh dan berkembang. Namun, saat tanaman itu sudah berkembang, ia akan menghasilkan bunga yang begitu cantik dan menawan. 

Minimnya Pemahaman Teknis Bikin SEO Terlihat Rumit

SEO memang memiliki banyak istilah teknis yang terdengar rumit dan membingungkan bagi leader yang tidak memiliki latar belakang pemahaman digital marketing

Akibatnya, mereka enggan untuk terlibat dan memberikan perhatian teknis karena merasa bukan tugas mereka atau ‘urusan tim digital saja’. Padahal, saat bos atau atasan memiliki pemahaman SEO yang baik, keputusan bisnis strategis bisa segera cepat diambil.

Butuh Sales Cepat, SEO Dikesampingkan

Saat cash flow menekan dan tuntutan revenue jangka pendek yang tidak terhindarkan, maka leader akan memikirkan cara cepat untuk mendongkrak penjualan. Dalam situasi seperti ini, strategi yang hasilnya lambat seperti SEO akan mudah tersingkir dari prioritas. 

Padahal, Anda tahu betul bahwa SEO dalam jangka panjang justru dapat menekan biaya pemasaran dengan performanya. 

Tips Komunikasi SEO ke Leader ala Marketing Agency

Tips Komunikasi SEO ke Leader ala Marketing Agency

Perbedaan perspektif dan mindset antara tim SEO dan bos atau jajaran petinggi perusahaan tentu akan berdampak pada kinerja digital marketing Anda. SEO tentu tidak hanya berkutat pada strategi dan taktik, tetapi juga arah bisnis jangka panjang. 

Oleh sebab itu, ini menjadi bagian Anda yaitu meyakinkan leader bahwa SEO memang layak untuk menjadi strategi bisnis yang diperjuangkan. Berikut tips komunikasi dari marketing agency:

1. Definisikan Makna SEO bagi Bisnis Anda

Ini akan sangat bergantung pada jenis perusahaan atau bidang bisnis yang Anda geluti. Anda harus meyakinkan kepada bos atau leader perusahaan tentang arti dan makna SEO bagi bisnis. 

Anda bisa memulainya dengan memaparkan konsep dari SEO dan bagaimana strategi tersebut mampu mewujudkan tujuan marketing maupun bisnis secara keseluruhan. 

2. Jelaskan Value dan Worth dari SEO

Tips kedua, setelah menjelaskan konsep dasar SEO mulai dari definisi, manfaat, hingga tujuan, maka saatnya Anda menjelaskan nilai dari SEO. 

Ada banyak alasan mengapa bisnis Anda perlu berinvestasi pada search engine optimization untuk agenda pemasaran. Anda bisa menyebutkan soal dampak jangka panjang SEO sebagai investasi pemasaran serta penyokong strategi bisnis lainnya. 

3. Klarifikasikan Mitos SEO yang Tidak Benar

Leader Anda bersikap skeptis terhadap kinerja SEO bisa jadi karena mempercayai berbagai mitos yang berseliweran seperti SEO hanya berdampak sekali, SEO tidak bisa diukur, dan lain sebagainya. 

Sekarang, saatnya Anda menjawab keresahan dan kekeliruan para leader untuk semakin melek terhadap SEO. 

4. Buktikan dengan Pilot Project

Berbicara tanpa bukti rasanya seperti janji tanpa aksi yang hanya berasa manis di mulut saja. Itulah sebabnya para leader masih skeptis meski mereka sering mendengar jargon ‘SEO itu penting’, tapi belum benar-benar pernah merasakan hasilnya. 

Jika demikian, Anda perlu membuktikannya dengan langkah kecil lewat pilot project  yang bisa diukur hasilnya. Mulailah dengan satu halaman produk atau satu artikel blog yang dioptimasi serius. Tunjukkan perubahan trafficengagement, atau bahkan leads yang muncul setelah optimasi dilakukan.

Itulah beberapa tips marketing agency yang bisa membantu Anda untuk meyakinkan para leader perusahaan atau bisnis untuk berinvestasi pada SEO. Sekali lagi, hasil SEO tidak hanya bergantung pada seberapa cerdas Anda mengatur strategi, tetapi juga dukungan bisnis dari tim lain sekaligus pimpinan demi membentuk ekosistem digital yang maju. 

Jika bisnis Anda siap melangkah pada strategi search engine optimization dan digital marketing into the next levelEON Creative Digital adalah partner yang tepat untuk Anda. Kami siap bertransformasi menjadi marketing agency yang supportive dan benar-benar fokus pada tujuan pemasaran dan bisnis. 

Explide
Drag