Saat ini, bersaing di social media bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda perlu memenangkan persaingan bisnis dengan menyajikan konten social media yang unik dan sesuai dengan target audiens Anda. Lantas, bagaimana caranya?
Salah satu cara krusialnya adalah dengan mengenali jenis-jenis konten media sosial yang cocok dengan tren bisnis saat ini. Di tahun 2025, social media telah berkembang secara pesat dan konsekuensinya tren lanskap digital pun berubah seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, Anda perlu beradaptasi dengan tren yang ada dengan memahami jenis tren konten berikut ini.
6 Jenis Konten Social Media yang Jadi Tren Bisnis

Apakah Anda menginginkan viralitas di media sosial? Pahami jenis-jenis konten media sosial yang saat ini tengah menjadi tren bisnis.
1. Relatable Stories: "Powerful Storytelling"
Jenis konten pertama adalah relatable stories dengan kekuatan storytelling. Di era disrupsi informasi, ada banyak ribuan konten di media sosial berseliweran setiap harinya. Maka, yang menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana konten Anda bisa stand out dan menarik perhatian audiens dengan cepat.
Mengapa storytelling begitu efektif untuk mendapatkan perhatian audiens? Karena manusia lebih mudah terhubung dengan cerita yang menggugah emosi, relevan, dan dekat dengan pengalaman mereka. Oleh karena itu, buatlah narasi yang mampu membangun ikatan emosional dengan audiens.
Ceritakan kisah nyata, perjuangan bisnis, atau pengalaman pelanggan yang menginspirasi. Gunakan format yang ringan seperti video pendek atau carousel agar mudah dicerna dan dibagikan oleh pengguna media sosial.
Ingatlah, semakin personal akan semakin baik. Audiens akan senang melihat diri mereka dalam diri orang lain. Inilah yang membuat konten relatable stories terasa lebih dekat dan mudah mendapatkan perhatian di media sosial.
2. Exclusive Content
Pada dasarnya, seseorang akan merasa lebih nyaman ketika mereka menjadi bagian dari sesuatu yang spesial. Inilah mengapa exclusive content bisa jadi tren konten social media. Melalui jenis konten ini, Anda seperti mengajak audiens untuk menjadi bagian dari bisnis Anda.
Berikan fasilitas konten yang menarik untuk audiens Anda yang sudah setia berdedikasi demi brand Anda. Fasilitas ini bisa berupa cuplikan khusus, diskon, prioritas produk, dan lain sebagainya.
Dengan memberikan akses ke konten yang tidak tersedia untuk publik secara luas, Anda dapat meningkatkan engagement, loyalitas, dan bahkan mendorong audiens untuk lebih aktif berpartisipasi dalam komunitas yang Anda bangun.
3. Behind the Scenes Content
Jenis konten media sosial yang cukup menjadi tren adalah konten BTS atau behind the scenes. Tunjukkan sisi manusiawi brand Anda untuk membangun kedekatan emosional dengan audiens.
Di era digital, audiens semakin mencari konten yang sifatnya autentik. Mereka lebih menginginkan dari sekadar hasil akhir. Mereka tertarik untuk mengetahui siapa saja orang-orang di balik brand, momen-momen nyata yang jarang terlihat, proses kerja, dan lain sebagainya.
Behind the scenes content akan membuat bisnis Anda tampil lebih transparan dan genuine yang pada akhirnya koneksi audiens menjadi lebih mudah terbangun.
4. Educational Content: Podcast
Educational content ternyata juga menjadi salah satu strategi media sosial terkini. Saat ini, orang-orang semakin mencari informasi yang bermanfaat dan relevan untuk meningkatkan wawasan mereka. Salah satu format yang semakin populer dalam kategori educational content adalah podcast.
Podcast menjadi tren yang berkembang pesat sebab dinilai menjadi salah satu jenis konten yang fleksibel. Audiens bisa dengan mudah mendengarkan podcast selagi dengan bekerja, bepergian, atau melakukan aktivitas lain.
Konten ini biasanya berbentuk seperti diskusi, wawancara, atau sesi tanya jawab tentang topik tertentu. Dalam sebuah episode podcast, umumnya juga terdiri lebih dari satu pembicara.
5. "How-To" Content atau Tutorial
Salah satu konten social media yang juga menjadi tren bisnis adalah konten tutorial atau dikenal dengan istilah how-to content. Jenis konten seperti ini dinilai sangat bermanfaat dan mampu memenuhi kebutuhan informasi audiens masa kini.
Dalam dunia bisnis, konten tutorial bisa menjadi sarana untuk menunjukkan cara menggunakan produk, tips dan trik, atau membantu audiens dalam memaksimalkan layanan yang ditawarkan.
6. Video Challenges

Menemukan strategi untuk menghubungkan brand dengan tren tantangan viral terkini menjadi salah satu fokus para marketer dan pebisnis di media sosial. Video challenges adalah jenis konten media sosial yang cukup berkembang pesat di beberapa platform seperti TikTok, Instagram Reels, dan Youtube Shorts.
Format video challenges dianggap lebih interaktif dan menarik sehingga mudah untuk mengundang partisipasi audiens. Di sisi lain, video challenges juga mampu menghadirkan unsur hiburan ringan yang tentunya membuatnya semakin digemari oleh audiens.
Audiens tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga terdorong untuk ikut serta dalam tantangan, sehingga menciptakan efek viral yang lebih luas.
Itulah 6 jenis konten social media yang menjadi tren bisnis saat ini dari mulai mengandalkan konten berbasis storytelling hingga memanfaatkan video challenges. Kunci dari mendapatkan viralitas di media sosial bukan hanya menarik dan unik, tetapi juga konsistensi. Itu Artinya, Anda perlu berkomitmen untuk menjaga kualitas konten media sosial Anda.