4+ Ide Strategi Customer Relationship Management Agar Pelanggan Tak Kabur di 2025

Di era bisnis yang semakin kompetitif, sulit untuk ditampik bahwa mempertahankan pelanggan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Anda pun mau tidak mau harus menerapkan strategi customer relationship management dengan ciamik agar pelanggan tetap loyal. 

Namun, bagaimana caranya? Saat pelanggan semakin kritis dan selektif dalam memutuskan pembelian, Anda perlu memutar otak lebih untuk itu. Tapi tenang, setiap rintangan akan selalu ada jawabannya. Anda bisa menerapkan beberapa ide CRM di bawah ini. 

Apa itu CRM (Customer Relationship Management)?

Pengertian CRM (Customer Relationship Management)

Namun, sebelum membedah ide CRM yang relevan di tahun 2025, Anda sebaiknya memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. 

Customer relationship management (CRM) adalah strategi yang dilakukan untuk mengelola hubungan dan meningkatkan interaksi antara pelanggan dengan perusahaan/bisnis/organisasi. Dengan kata lain, CRM adalah senjata pebisnis untuk mempertahankan pelanggan mereka. 

Melalui CRM, pebisnis ataupun perusahaan memungkin mereka memahami perspektif pelanggan dengan lebih baik. Fokus dari CRM sendiri adalah mengidentifikasi pelanggan dari bagaimana mereka memutuskan pembelian hingga melakukan retensi. Meski demikian, menjaga pelanggan tetap puas dan percaya terhadap suatu bisnis tidaklah mudah. 

Itulah yang akan menjadi tantangan Anda sekarang. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan ide strategi CRM berikut ini untuk menjawab tantangan tersebut.

4+ Ide Strategi Customer Relationship Management di 2025

4+ Ide Strategi Customer Relationship Management di 2025

Terdapat setidaknya lebih dari 4 ide strategi CRM yang bisa Anda terapkan di tahun 2025. Anda penasaran?

Pahami Serba-Serbi Customer dari Keluhan Hingga Kebutuhan

Pertama, sebagai pebisnis atau pemangku kepentingan perusahaan, Anda wajib memahami pelanggan Anda lebih dari siapapun. Mengapa demikian?

Tanpa memahami pelanggan dengan baik, Anda akan kesulitan memahami kondisi bisnis Anda di mata mereka. Alhasil, pelanggan bisa dengan mudah berpindah ke lain hati jika Anda tidak segera melakukan antisipasi atas pengalaman pembelian yang mungkin saja buruk atau tidak menyenangkan. 

Intinya, Anda perlu melakukan riset dengan baik tentang serba-serbi kebutuhan, permasalahan, hingga selera atau preferensi pelanggan. Anda bisa melakukan focus group discussion atau membuka layanan information center untuk mengetahui data-data tersebut. 

Saat ini juga ada banyak platform CRM yang bisa Anda gunakan untuk melacak interaksi maupun perilaku pelanggan. 

Jalin Komunikasi yang Baik

Esensi dari customer relationship management pada dasarnya adalah komunikasi. Seperti hubungan manusia pada umumnya, komunikasi menjadi kunci keberhasilannya. Pastikan segala informasi bisnis Anda dapat diakses mudah oleh para pelanggan. 

Jangan ragu untuk membuka diskusi atau konsultasi dua arah antara pelanggan dengan perusahaan. Beri kesan bahwa pelanggan dapat dengan mudah untuk menyampaikan apapun kebutuhan mereka. Selain itu, berikan respons yang tepat dan santun saat menghadapi berbagai keluhan. 

Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti chatbot, e-mail, online community platform, dan lain sebagainya. 

Beri Rewards dan Apresiasi

Kepuasan pelanggan tentu menjadi prioritas bisnis Anda, bukan? Ketika pelanggan sudah memutuskan melakukan pembelian lebih dari satu kali, berikan rewards sebagai bentuk apresiasi. 

Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan sekaligus kepuasan pelanggan pada bisnis Anda. Program rewards bisa Anda kemas dengan berbagai cara misalnya melalui eksklusif member, diskon poin, cashback, promo, dan lain sebagainya. 

Membangun Customer Experience yang Autentik

Satu hal yang tidak kalah penting dalam customer relationship management adalah membangun pengalaman pelanggan dengan cara unik. Misalnya, Anda memiliki sebuah toko online.

Alih-alih hanya mengandalkan media sosial dan platform e-commerce seperti lainnya, Anda bisa memakai aplikasi mobile khusus dengan fitur-fitur menyenangkan. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasakan proses berbelanja yang berbeda dengan produk atau brand lainnya. 

Ketika Anda hanya mengandalkan toko fisik misalnya, Anda bisa menawarkan program trial produk gratis kepada pelanggan sebelum melakukan pembelian. Intinya, Anda bebas berkreasi untuk menyusun pengalaman pelanggan sebaik dan semenyenangkan mungkin. 

Kreasi Content Marketing

Ide terakhir adalah membuat content marketing. Di era digital, content is the king. Anda perlu mengemas pesan-pesan bernilai dan menarik sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Konten yang bermanfaat maupun menghibur dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda. 

Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer untuk membuat content marketing yang terkesan lebih natural dan memenuhi ekspektasi pelanggan. 

Demikian 4+ ide strategi customer relationship management dari proses memahami kebutuhan pelanggan, menjalin komunikasi, hingga memanfaatkan content marketing. Inti dari semua ide diatas adalah bagaimana Anda mengerti kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang sesuai. Percayalah pelayanan tulus dan optimal akan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Explide
Drag