Sedang bergelut untuk mencari cara agar performa digital ads Facebook dan Instagram semakin impactful pada bisnis? Tenang, Meta kini telah memberikan insight mutakhirnya tentang AI ads yang diyakini mampu mendongkrak kesuksesan iklan.
Penerapan AI Meta ads terbaiknya mulai dari proses otomatisasi, pembuatan konten, hingga strategi penargetan audiens, mampu mendukung tim marketer untuk meraih ads performance lebih optimal dan membuat alur kerja lebih efisien.
Dengan penuh percaya diri, CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengklaim bahwa di kuartal kedua tahun 2025 telah terjadi peningkatan konversi iklan sekitar 5% di Instagram dan 3% di Facebook. Hal ini dijelaskan oleh Mark berkat kinerja AI yang membuat sistem iklan lebih efisien dengan model rekomendasi baru sehingga memperluas jangkauan.
Tips dari Meta Agar Digital Ads Performance Optimal Pakai AI
-1755909783.jpg)
Jika Anda masih bingung tentang bagaimana memanfaatkan alat kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan iklan digital, ikuti beberapa tips penting dari Meta di bawah ini.
a. Membuat AI-powered Video Promotions
Tips pertama, Meta mendorong para brand untuk membuat konten video promosi sebagai materi digital ads dengan memakai AI. Hal ini didasari pada laporan Meta bahwa jumlah penayangan video di Facebook dan Instagram terus mengalami kenaikan.
Selain itu, hampir 2 juta pengiklan kini juga telah memanfaatkan fitur video baru Meta dengan adopsi paling kuat dari kalangan UMKM yang mengandalkan animasi gambar. Apakah Anda juga tertarik untuk mencobanya?
Menariknya, Anda tidak perlu merasa kerepotan lagi untuk membuat konten video.
Saat ini, Meta sudah memfasilitasi pengiklan berbagai alat berbasis AI. Anda bisa membuat gambar dari teks, menghasilkan konten video dari gambar atau teks, menambah latar pada foto produk, menulis salinan iklan, dan masih banyak lagi. Tentu terasa semakin mudah, bukan?
b. Mencoba Tayangan Iklan di Semua Placement
Tips kedua adalah pengiklan dianjurkan untuk memanfaatkan semua placement iklan di Meta untuk memperoleh kinerja yang optimal. Apa maksudnya?
Jadi, alih-alih hanya fokus pada satu platform, lebih baik menggunakan placement Advantage+ di seluruh ekosistem digital Meta seperti Instagram, Messenger, Facebook, hingga Audience Network.
Lalu, apa keuntungannya? Meta akan membantu Anda mengotomatisasi alokasi dana periklanan Anda pada penempatan paling potensial atau memberi impact terbaik.
Meta tidak akan membatasi kampanye pada platform yang paling ramai oleh audiens, tetapi menyatakan AI menemukan target paling relevan di setiap platform.
c. Menembus Kreativitas dengan AI
Berkat kemajuan fitur kreatif AI Meta, Anda sebagai pengiklan akan menjadi lebih mudah untuk membuat materi iklan yang lebih beragam di setiap kampanye.
Meta merekomendasikan pengiklan untuk memadukan materi iklan Advantage+ dengan sistem placement Advantage+ agar setiap iklan bisa muncul di kanal yang paling tepat dan menarik lebih banyak audiens.
Pengiklan juga bisa mengandalkan fitur kustomisasi aset penempatan atau placement untuk menyesuaikan iklan di berbagai platform Meta. Dengan beragam alat AI generatif yang tersedia di Meta, kini Anda menjadi punya lebih banyak opsi materi iklan.
Semakin beragam iklan kreatif Anda tampil di audiens yang berbeda, semakin besar pula peluang iklan digital Anda bekerja secara maksimal.
d. Mempercayakan Advantage+ untuk Targeting
Meta kembali menekankan bahwa brand dan pengiklan sebaiknya lebih percaya pada kemampuan AI, terutama dalam hal penargetan iklan. Anda bisa mengandalkan Advantage +, produk Meta ads yang mampu mendelegasikan pekerjaan penargetan iklan.
Lalu, apa kelebihannya? AI dari Meta ini mampu menemukan audiens dengan peluang lebih besar sesuai dengan target Anda. Selain itu, iklan digital Anda akan ikut terjun dalam suatu wahana pelelangan yang luas sehingga biaya CPM bisa menjadi lebih murah.
Intinya, Meta menyarankan agar pengiklan memanfaatkan sepenuhnya alat AI mereka agar potensi keberhasilan ads performance semakin meningkat. Jika pun Anda ingin memberi batasan, pertimbangkan hal-hal yang dirasa diperlukan saja. Semakin leluasa AI bekerja dalam penargetan, semakin baik pula hasil kinerjanya.
Pada akhirnya, AI pada Meta mampu meningkatkan digital ads performance Anda dengan mengupayakan seluruh proses kampanye Anda. Mulai dari pembuatan konten berbasis AI, targeting, hingga penayangan, semuanya digunakan untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Namun, meski AI memang andal dalam mengupayakan pekerjaan dalam periklanan, bukan berarti Anda melepas kendali semuanya kepada teknologi cerdas satu ini. Apapun kemudahan yang ditawarkan, pastikan Anda tetap memegang kendali atas semuanya.
Jika Anda ingin mendapatkan pendampingan optimal dalam strategi digital ads, bekerjasamalah dengan EON Creative Digital. Kami siap membantu Anda mulai dari perencanaan, eksekusi, hingga optimasi iklan agar performa bisnis Anda terus melesat.