Youtube Shopping: Game Changer Baru Social Media Marketing

Setiap hari, nampaknya hampir selalu ada gebrakan baru. Itulah yang mungkin harus Anda upayakan untuk strategi social media management bisnis saat ini. Bagaimana tidak, setiap platform kini terus melakukan inovasi terhadap kecanggihannya. Tugas Anda adalah mengeksplorasi hal tersebut hingga berdampak pada brand bisnis. 

Kini, platform Youtube bahkan sudah bisa digunakan untuk layanan jual beli melalui fitur Youtube Shopping. Fitur ini tidak hanya akan memudahkan pengguna, tetapi juga menjadi game changer baru di dunia pemasaran digital yang bisa menguntungkan para kreator dan pebisnis. Lantas, seperti apa fitur Youtube Shopping ini?

Youtube Shopping & Program Affiliate yang Menguntungkan

Youtube Shopping & Program Affiliate yang Menguntungkan

Fitur Youtube Shopping pada dasarnya menawarkan kemudahan bagi penonton untuk membeli produk dengan mudah melalui konten kreator favorit mereka. Informasi produk biasanya akan dimuat di bagian deskripsi konten video. 

Saat penonton mengklik salah satu produk, mereka akan diarahkan ke situs eksternal seperti e-commerce untuk melakukan pembelian. Singkatnya, penonton dapat melakukan check out langsung dari produk yang dipromosikan oleh para kreator. 

Untuk mendukung fitur belanja ini, Youtube menghadirkan program afiliasi dan bekerja sama dengan e-commerce seperti Shopee. Kolaborasi ini tentu menghadirkan banyak keuntungan, tidak hanya para penonton, tetapi juga kreator hingga para brand owner

Lalu, benefit apa yang ditawarkan oleh Youtube Shopping hingga digadang-gadang sebagai game changer baru dunia marketing

a. Audiens Youtube

Pertama, untuk audiens Youtube atau penonton, kehadiran Youtube Shopping tentu akan memudahkan proses pembelian produk dan memperkaya pengalaman belanja. Audiens dapat dengan mudah menemukan produk yang direkomendasikan oleh kreator kesayangan mereka. 

b. Content Creator

Para kreator bisa menambah revenue stream mereka berkat komisi dari merekomendasi produk tertentu dalam konten video. Melalui fitur Youtube Shopping, content creator dapat memperkuat hubungan dan interaksi dengan para pengikutnya. 

c. Marketer & Brand Owner

Youtube Shopping menjadi marketing channel baru bagi para marketer dan brand owner untuk meningkatkan brand awareness hingga sales. Oleh sebab itu, Anda perlu mengeksplorasi potensi fitur ini lebih lanjut dalam social media management bisnis. 

Unlock Potensi Youtube Shopping untuk Social Media Marketing

Unlock Potensi Youtube Shopping untuk Social Media Marketing

Hadirnya Youtube Shopping saat ini tidak hanya menawarkan pengalaman belanja yang lebih menarik, tetapi juga memperkaya strategi social media marketing. Anda tentu harus memaksimalkan fitur ini agar tidak melewatkan peluang besar. 

Jika Anda masih bingung bagaimana memulainya, berikut langkah-langkah strategis yang bisa Anda terapkan!

1. Tentukan Niche Market

Menentukan siapa target audience hampir selalu menjadi langkah awal yang esensial dalam sebuah bisnis. Anda perlu menargetkan niche market yang cocok dengan brand.

Semakin spesifik target pasar Anda, semakin mudah menciptakan konten yang resonan dan meningkatkan peluang konversi.

2. Bangun Content Marketing

Konten adalah kunci dari social media management. Buatlah konten-konten yang memberikan value kepada audiens Anda seperti video tutorial, review, atau cerita pengalaman tertentu. 

Intinya, jangan hanya mengunggah konten iklan atau promosi saja, tetapi konten yang memuat informasi penting sesuai kebutuhan audiens. Selain itu, konten-konten yang sifatnya menghibur dan informatif juga akan lebih efektif dalam menarik perhatian audiens. 

Melalui content marketing, Anda bisa menerapkan skema untuk mengoptimalkan Youtube Shopping yaitu melalui owned channel atau akun brand. Anda bisa menyematkan tautan produk langsung di berbagai video konten  Anda. 

3. Kolaborasi Kreator yang Relevan

Selain menerapkan content marketing di channel brand, Anda juga bisa menerapkan skema lain yaitu berkolaborasi dengan content creator relevan. Para kreator yang tergabung dalam program afiliasi umumnya akan menyertakan link produk brand Anda pada konten mereka. 

Kerja sama dengan content creator tidak hanya akan meningkatkan jangkauan produk Anda, tetapi juga memperkuat kredibilitas brand di mata para pengikutmya. Maka dari itu, pilihlah influencer atau content creator yang relevan dengan nilai dan karakteristik brand Anda. 

Semakin relevan topik yang diusung kreator pada channel mereka dengan brand Anda, semakin terbuka pula Anda mendapatkan calon pelanggan baru. 

4. Susun Shopping Playlist

Jika Anda mengunggah video ataupun berkolaborasi dengan kreator, jangan lupa menyusun playlist khusus yang bisa mengelompokkan konten-konten tersebut. 

Tujuannya adalah agar penonton Anda bisa dengan mudah menjelajahi berbagai ulasan produk di channel kreator ataupun brand Anda sendiri. 

5. Jaga Konsistensi Brand

Untuk memenangkan persaingan di Youtube, Anda membutuhkan amunisi yang bernama ‘konsistensi’. Membangun channel Youtube brand tidak bisa hanya dalam semalam. Tidak cukup hanya unggah satu-dua video, lalu berharap langsung dibanjiri ribuan pelanggan. 

Anda perlu konsisten untuk memberikan suguhan video yang berkualitas dan menarik audiens. Bahkan sekalipun Anda bekerja sama dengan content creator dengan jutaan subscribers, Anda juga tetap perlu menjaga konsistensi elemen brand agar mudah diingat.  

Sebagai tips, Anda bisa memulai dengan merencanakan social media management yang matang baik untuk channel brand ataupun channel kreator. Pastikan elemen visual, tone komunikasi, dan narasi brand tetap konsisten di setiap kontennya. 

Demikian ulasan mengenai Youtube Shopping yang menjadi medan baru dan menguntungkan bagi banyak pihak, mulai dari penonton, kreator, dan pemilik brand. Pertanyaannya, sudahkah Anda memanfaatkan fitur ini secara maksimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis?

Jika belum, tenang saja. Anda bisa mempercayakan proses social media management kepada tim profesional di EON Creative Digital, termasuk dalam mengoptimalkan fitur YouTube Shopping agar lebih berdampak. Yuk, konsultasikan kebutuhan brand Anda sekarang juga dan raih hasil yang lebih maksimal!

Explide
Drag