Terlebih dahulu, mari menerima kenyataan bahwa setiap harinya para pebisnis dihadapkan tantangan berat untuk bersaing dengan perusahaan atau brand besar. Maka dari itu, muncullah frasa branding sebagai sebuah kiat untuk menempati posisi tertentu di benak audiens.
Meski demikian, untuk membangun sebuah identitas brand yang kuat, Anda tidak bisa mengandalkan logo yang bagus saja. Logo hanya bagian dari wajah brand. Anda membutuhkan serangkaian strategi komprehensif, mulai dari aspek tangible seperti atribut produk dan desain, hingga aspek intangible seperti brand personality dan nilai.
Berikut adalah 4+ rahasia dibalik strategi branding dari merek terkenal yang wajib Anda pahami sebagai bekal menghadapi persaingan bisnis saat ini.
4+ Rahasia Branding yang Wajib Anda Ketahui, Strategi Merek Terkenal!
-1741275236.jpg)
Strategi brand memang selalu menjadi bagian terpenting dari sebuah bisnis. Ketika persaingan semakin kompetitif, perannya semakin tidak terelakkan. Oleh sebab itu, setidaknya 4+ rahasia ini akan membantu Anda untuk membuat brand bisnis lebih kuat, dikenal, dan berkembang dari biasanya.
The Power of Positioning
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa merek terkenal begitu mudah mempertahankan branding mereka? Atau mungkin Anda penasaran bagaimana cara menjadi brand yang selalu diingat dan menjadi top of mind?
Itu adalah berkat dari positioning yang tepat. Positioning bukan hanya soal posisi bisnis Anda pada industri. Akan tetapi, semua itu juga mencangkup tentang persepsi yang dibangun di benak audiens Anda. Hal ini akan menentukan bagaimana brand Anda diingat, dikenal, dihargai, dan dipilih dibandingkan pesaing Anda.
Ketika positioning dilakukan secara tepat, brand Anda tidak hanya mudah dikenal oleh banyak audiens, tetapi menjadi opsi utama yang menarik pelanggan secara alami.
Lantas, bagaimana cara menentukan positioning yang tepat untuk bisnis Anda? Anda perlu melakukan riset kondisi bisnis, audiens, hingga perbandingan kompetitor secara menyeluruh untuk melihat peta persaingan.
Menguasai Niche Market

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pebisnis adalah berusaha untuk menyenangkan semua orang. Padahal, tidak semua orang akan cocok menjadi pangsa pasar bisnis Anda.
Kenyataannya, semakin spesifik dan jelas Anda membidik target pelanggan atau niche market, semakin besar pula peluang Anda menarik audiens dengan mudah. Menentukan niche market bukan berarti membatasi potensi bisnis Anda untuk dicintai banyak orang, tetapi justru menjadikan brand Anda menonjol di tengah persaingan.
Ketika Anda yakin dengan value produk atau jasa yang ditawarkan, pelanggan yang benar-benar butuh bisnis Anda sebagai solusi, akan datang dengan sendirinya.
Berbicara Soal Value Bukan Hanya Keunggulan Semata
Ketika Anda sedang menerapkan strategi branding, mengkomunikasikan keunggulan produk atau jasa tentu tidak cukup. Anda perlu menyakinkan audiens tentang value terbaik dari brand Anda sehingga memberikan dampak kepada orang lain, bukan hanya sekadar mencari keuntungan semata.
Fokuslah bagaimana brand Anda mampu memberikan manfaat lebih kepada pelanggan. Misalnya, saat ini ada banyak beauty brand yang mulai fokus pada isu-isu lingkungan selain hanya menonjolkan keunggulan produk mereka. Beberapa brand bahkan sudah mulai menginisiasi kampanye anti animal testing, menjadikan nilai keberlanjutan sebagai bagian dari identitas mereka.
Menjaga Konsistensi Setiap Elemen Brand
Konsistensi adalah kunci utama dalam membangun dan mempertahankan identitas brand yang kuat. Brand yang konsisten akan lebih mudah dikenali, diingat, dan dipercaya oleh audiens.
Konsistensi tidak hanya mencakup logo atau warna, tetapi juga mencerminkan tone of voice, pesan, nilai, hingga pengalaman yang diberikan kepada pelanggan.
Misalnya, jika brand Anda mengusung gaya komunikasi yang ramah dan santai, pastikan gaya tersebut diterapkan di setiap platform, mulai dari media sosial, website, hingga layanan pelanggan. Begitu pula dengan desain visual, elemen grafis, dan strategi pemasaran yang digunakan harus tetap sejalan dengan identitas brand Anda.
Adaptasi Setiap Waktu
Terakhir, mau tidak mau, Anda wajib beradaptasi dengan perubahan tren yang ada. Namun, beradaptasi bukan berarti meninggalkan identitas brand, melainkan memastikan bahwa setiap elemen brand tumbuh dan berkembang seiring perubahan yang terjadi.
Tidak ada yang bisa menjamin brand Anda tetap relevan di tengah persaingan, kecuali Anda sendiri. Teruslah mengevaluasi posisi brand dalam lanskap bisnis agar tetap selaras dengan kebutuhan pasar dan ekspektasi audiens.
Jadi, apakah strategi branding yang sudah Anda upayakan selama ini sudah membuahkan hasil? Atau mungkin bisnis Anda masih stuck? Jangan khawatir, 4+ rahasia di atas bisa jadi angin segar untuk Anda dalam membangun brand yang kuat di tengah kompetisi bisnis.