6 Alasan Bisnis Anda Perlu Berinvestasi Pada Search Engine Optimization untuk Marketing

Di era gempuran platform media sosial, ternyata strategi search engine optimization atau sering disingkat SEO pada website tetap menjadi primadona pemasaran organik. Melalui pengoptimalan kata kunci, Anda bisa mendongkrak visibilitas online bisnis dengan lebih hemat. 

Meski terlihat sederhana, strategi SEO lebih dari sekadar untuk meningkatkan traffic website bisnis Anda. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu menerapkan strategi optimasi ini untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Apakah Anda sudah bersiap untuk merancang strategi pemasaran dengan cara yang berbeda? 

Mengapa Anda Harus Menerapkan SEO untuk Bisnis? Ini Alasannya

Mengapa Anda Harus Menerapkan SEO untuk Bisnis? Ini Alasannya

Setidaknya ada 6 alasan penting mengapa berinvestasi pada strategi SEO akan membuat bisnis Anda berkembang. Bisa dipastikan, alasan ini tidak akan membuat Anda berpikir dua kali untuk melakukannya. Penasaran? 

SEO = Strategi Promosi 24 Jam Non Stop

Alasan pertama, search engine optimization bisa dikatakan sebagai strategi promosi 24 jam non stop. Mengapa demikian? 

Saat Anda memutuskan untuk mengoptimasi website dan mendapatkan peringkat yang bagus di SERP (search engine results page), maka audiens akan mudah menemukan website bisnis Anda kapan pun. 

Itu artinya, Anda telah berhasil menciptakan alat promosi yang mumpuni selama 24 jam. Hal ini tentu berbeda dengan promosi melalui iklan berbayar dengan hitungan per klik. Situs bisnis Anda hanya muncul jika Anda memiliki saldo iklan yang cukup. 

Modal Membangun Reputasi Jangka Panjang

Alasan kedua, konsisten menerapkan strategi SEO sama saja Anda sedang membangun reputasi positif jangka panjang untuk bisnis. Bagaimana bisa?

Reputasi terbangun dari kepercayaan dari audiens terhadap bisnis Anda. Sedangkan, yang menjadi permasalahan banyak brand atau bisnis adalah sulitnya membangun kredibilitas di mata audiens. Tentu hal ini bukan pekerjaan yang bisa selesai hanya dengan waktu semalam. 

Anda butuh proses dan modal untuk mewujudkan hal tersebut. Maka dari itu, dengan mengoptimalkan situs bisnis Anda dengan SEO, ini akan membantu terbentuknya kredibilitas di mata audiens. 

Menurut penelitian, 68% orang telah mempercayai hasil pencarian search engine terkait informasi umum. Artinya, SEO membuat kredibilitas bisnis Anda meningkat dengan seringnya website Anda muncul di hasil pencarian teratas. 

Di sisi lain, search engine seperti Google telah menerapkan panduan pembuatan konten yang berkualitas dengan menganut prinsip E (Experience)-E (Expertise)-A (Authorities)-T (Trustworthiness). Hal ini tentu akan memicu Anda untuk membangun kredibilitas bisnis. 

Bisnis Anda Menjadi Lebih Mudah Ditemukan

Strategi search engine optimization akan membantu audiens atau pelanggan Anda menemukan bisnis dengan lebih mudah. 

Ketika Anda berhasil mengoptimasi situs bisnis, audiens akan mudah menemukan brand Anda ketika mereka mengetik nama atau produk yang dibutuhkan di mesin pencarian seperti Google. 

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menjangkau lebih banyak audiens, mulailah dengan menerapkan SEO pada situs bisnis Anda. 

Biaya Marketing Lebih Efisien

Biaya Marketing Lebih Efisien

Strategi SEO memang tidak bisa dikatakan gratis. Ada sosok di balik layar yang perlu Anda upayakan untuk strategi ini. Meski demikian, biaya SEO sebenarnya adalah bentuk investasi jangka panjang dalam aktivitas pemasaran. 

Strategi SEO bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Seperti halnya banyak aspek dalam kehidupan, hasilnya akan semakin meningkat dengan perhatian dan investasi yang lebih besar.

SEO Jadi Penyokong Marketing Channel Lainnya

Search engine optimization bisa menjadi penyokong kanal marketing lainnya. Jadi, saat kinerja website Anda sudah andal dan menduduki ranking teratas di mesin pencarian, maka Anda akan semakin mudah untuk menerapkan strategi marketing lainnya. 

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan konten situs bisnis dengan membagikannya di kanal lain seperti media sosial, email, dan lain sebagainya. 

Selain itu, jika strategi SEO situs Anda bagus, Anda juga bisa mempertahankan audiens yang menemukan web Anda dari iklan. Tentu menarik, bukan?

Anda Bisa Memahami Pelanggan Lebih Baik

Alasan terakhir, Anda bisa memahami pelanggan atau audiens dengan cara yang lebih baik. Saat audiens mengetikkan sesuatu pada search engine, mereka tentu memiliki maksud atau tujuan tertentu. 

Dengan memahami maksud atau tujuan tersebut, Anda bisa mengetahui konten apa saja yang menjadi kebutuhan dari audiens Anda. 

Jadi, apakah Anda masih ingin berpikir dua kali untuk menerapkan strategi search engine optimization untuk marketing bisnis? Dari 6 alasan di atas, terlihat bahwa SEO memang memegang peranan krusial untuk membuat bisnis lebih berkembang. 

Meski demikian, menerapkan strategi SEO yang baik membutuhkan konsistensi tingkat tinggi sebab hasilnya tidak begitu saja muncul secara instan. Jadi, mulailah dari sekarang juga, tetaplah semangat!

Explide
Drag