6 Fakta & Data Mengejutkan Whatsapp Marketing di 2025, Auto Jadi Strategi Andalan!

Masihkah Anda ragu untuk menggunakan strategi Whatsapp blast di tahun 2025? Tenang, keraguan Anda akan sirna begitu saja saat sudah mengetahui data dan fakta mengejutkan tentang Whatsapp marketing tahun ini. 

Tidak sedikit brand-brand besar mulai mengandalkan platform chat ini untuk menjalin kedekatan dengan loyal konsumen mereka. Anda mungkin sering mendengar bahwa email dan media sosial menjadi media komunikasi pemasaran populer.  

Meski demikian, para marketer sekarang mulai beranjak menyadari betapa powerful aplikasi Whatsapp yang telah digunakan oleh lebih dari dua miliar pengguna di seluruh belahan dunia. Penasaran apa saja fakta dan data menariknya sehingga Anda wajib menggunakan strategi pemasaranini? Ikuti pemaparan selengkapnya di bawah ini!

6 Fakta & Data Mengejutkan Whatsapp Marketing di 2025

6 Fakta & Data Mengejutkan Whatsapp Marketing di 2025

Berikut adalah 6 statistik tentang Whatsapp marketing yang perlu Anda pahami. Dari data di bawah ini, Anda mungkin saja tidak akan berpikir dua kali untuk memutuskan strategi Whatsapp blast

1. 87% Winning Read Rate + 98% Open Rate

Di era dimana perhatian konsumen semakin mahal, salah satu tantangan terbesar dalam komunikasi pemasaran adalah memastikan pesan Anda benar-benar dibaca oleh audiens. 

Semenarik apapun pesan pemasaran Anda, jika hal tersebut tidak berhasil menarik perhatian pembaca, semua akan terasa begitu sia-sia. Bayangkan saja, setiap harinya audiens harus menerima gempuran ribuan iklan. Oleh sebab itu, menarik atensi mereka menjadi tantangan tersendiri. 

Whatsapp memiliki tingkat keterbukaan luar biasa hingga 98% dan tingkat keterbacaan 87%. Ini tentu menjadi peluang besar, bukan? 

Anda bisa memastikan pesan iklan tidak hanya tersampaikan saja, tetapi juga benar-benar diperhatikan oleh audiens.

2. Rata-Rata 45 Detik untuk Dapat Feedback

Dalam proses komunikasi, feedback adalah hasil yang selalu diharapkan. Whatsapp blast memiliki rata-rata kecepatan respons kurang dari 1 menit. Lantas, apa untungnya?

Tentu saja ini akan membuka kesempatan bagi brand untuk membangun komunikasi dua arah. Anda bisa mempercepat proses transaksi ataupun memperkuat hubungan dengan pelanggan secara lebih personal. 

3. 70%+ Konsumen Lebih Terkoneksi Melalui WA

Whatsapp memang menjadi platform komunikasi sehari-hari seperti berinteraksi dengan keluarga, teman, dan lain sebagainya. Tidak heran jika 70% lebih konsumen merasa lebih terkoneksi melalui Whatsapp. 

Meski demikian, brand wajib memastikan bahwa informasi yang disampaikan harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini bertujuan agar pesan Anda tidak dianggap sebagai spam

Di sisi lain, bagi sebagian orang, Whatsapp menjadi media komunikasi personal. Oleh sebab itu, tidak sedikit pula para marketer khawatir jika pesan mereka dianggap melewati batas personal. 

4. Tingkat Konversi 3X Lebih Tinggi dari Email

Setelah melewati tantangan agar pesan Anda benar-benar diperhatikan oleh audiens, maka rintangan selanjutnya adalah mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu. 

Menurut beberapa penelitian, Whatsapp memiliki tingkat konversi tiga kali lipat dari email dalam hal pemasaran. Asumsinya adalah pesan yang disampaikan melalui Whatsapp dinilai lebih personal dengan interaksi yang mudah sehingga mampu mendorong audiens mengambil keputusan lebih cepat. 

5. 74% Pengguna Mengharapkan Pengalaman Personal dari Brand

Meski benar bahwa Whatsapp menjadi ruang komunikasi privat, namun faktanya 74% pengguna mengharapkan brand agar mampu memberikan pengalaman yang lebih personal. 

Para pengguna ingin merasa dimengerti dan dihargai, bukan hanya sekedar menerima Whatsapp blast berisikan materi promosi saja. Brand harus mampu menyampaikan pesan yang dipersonalisasikan sesuai dengan karakteristik pengguna.

6. Rasio Klik Capai 52%

Data dan fakta menarik ke-6 adalah Whatsapp telah mencapai rasio klik sebesar 52%. Itu artinya, platform ini menjadi media efektif untuk menyebarkan link promo, katalog produk, hingga mengarah pada trafik landing page

Jadi, masihkah Anda ragu untuk menggunakan strategi Whatsapp blast untuk agenda marketing? Dengan data dan fakta di atas, Anda wajib memanfaatkan potensi besar Whatsapp untuk mendongkrak bisnis. 

Jika masih kerepotan untuk meramu strategi penyebaran pesan massal, Anda bisa percayakan semuanya pada EON Creative Digital. Melalui Whatsapp blast service, Anda bisa meminta support and advice terkait penyusunan pesan pemasaran ciamik hingga menentukan siapa target sasaran tepatnya. Sudahkah Anda siap melaju jauh membidik konsumen melalui Whatsapp?

Explide
Drag