Se-Fruit Tips SEO TikTok: Raih Jutaan Views, Bukan Sekadar FYP!

Ternyata, search engine optimization (SEO) juga memiliki peran krusial pada media sosial seperti TikTok. Tidak hanya memperbesar peluang muncul di FYP, konten Anda akan mudah ditentukan dan mendapatkan banyak penonton. Anda tentu menginginkan hal ini, bukan?

Dengan kekuatan platform TikTok, Anda bisa mengandalkannya dalam strategi pemasaran brand, termasuk mengelaborasinya dengan teknik SEO. Lantas, bagaimana cara memaksimalkan SEO TikTok agar membawa impact pada bisnis?

Temukan se-fruit tips insightful di bawah ini!

Apa Pentingnya SEO TikTok?

Apa Pentingnya SEO TikTok?

Search engine optimization TikTok adalah rangkaian taktik yang bisa mendorong visibilitas akun maupun konten Anda di hasil pencarian sekaligus FYP (For You Page) TikTok. 

Secara sekilas, pola kerja optimasi pada mesin pencari TikTok kurang lebih senada dengan Google atau search engine lainnya. Meski demikian, Anda perlu memahami bagaimana algoritma bekerja agar konten yang Anda buat lebih menonjol di antara ribuan konten lainnya. 

Seperti yang diketahui, saat ini para pengguna mulai mengandalkan mesin pencarian di media sosial seperti TikTok untuk menemukan informasi instan. 

Di sisi lain, search engine optimization akan membantu konten Anda mudah dibaca dan dimengerti oleh sistem algoritma TikTok. Platform ini mengandalkan elemen-elemen SEO untuk mengidentifikasi isi konten video Anda dan menentukan siapa saja yang kemungkinan tertarik menontonnya. 

Oleh sebab itu, dengan mengoptimalkan SEO dengan cermat, Anda akan mampu meningkatkan pengalaman pengguna baik TikTok maupun target audiens brand Anda. 

Se-Fruit Tips SEO TikTok Agar Konten Anda Viral & Relevan

Se-Fruit Tips SEO TikTok Agar Konten Anda Viral & Relevan

Berikut adalah tips agar Anda bisa mengoptimalkan search engine optimization di TikTok. Anda tidak hanya akan memperoleh audiens relevan, tetapi juga potensi menjadi viral di FYP. 

a. Gunakan Hashtag General & Spesifik

Tips pertama yang dikutip dari expertise marketing dan SEO adalah memakai hashtag umum dan spesifik. Hashtag atau tagar umum pada dasarnya akan menolong TikTok mengelompokkan konten Anda pada minat atau kategori tertentu. 

Kemudian, tagar spesifik akan digunakan untuk mempertimbangkan audiens yang tepat oleh TikTok. Kedua hashtag ini berfungsi setidaknya dengan dua cara yaitu menjangkau audiens secara luas dan membantu akun Anda muncul di FYP ataupun mesin pencarian. 

Dengan begitu, target audiens Anda akan semakin mudah terpapar konten yang telah dibuat. 

b. Sertakan Keyword secara Natural di Video

Tips optimasi search engine optimization selanjutnya adalah menyisipkan keyword relevan dengan alami di video. 

Gunakan kata kunci yang tepat di dalam isi video maupun caption TikTok. Ketika Anda ingin menentukan keyword blog, mungkin Anda bisa saja mengandalkan alat canggih seperti Ahrefs, Semrush, dan lain sebagainya. 

Untuk TikTok, Anda bisa melakukan riset mudah dengan melihat potensi keyword langsung di pencarian. Lakukan eksperimen untuk menemukan hasil kata kunci paling sesuai dan terbaik. 

c. Pakai Hook di 5 Detik Awal Video

Untuk memikat perhatian audiens dengan cepat, di lima detik pertama video, Anda benar-benar harus menarik. Anda bisa menggunakan beberapa hook untuk mendapatkan simpati dan ketertarikan audiens. 

Bentuk hook cukup variatif bisa seperti pertanyaan yang menggugah rasa penasaran, fakta-fakta menarik, atau disclaimer statement unik yang bisa membidik keresahan audiens. 

Sistem algoritma TikTok biasanya akan memperhatikan watch time atau durasi tonton video Anda. Jika audiens langsung scroll video atau mengabaikannya begitu saja, jangkauan video Anda hanya akan sedikit.

d. Stay Trendy: Pakai Sound + Efek Populer

Ini bisa dibilang menjadi common tips, tetapi benar-benar tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus update tren di TikTok. Beberapa orang menyebutnya dengan memakai sound viral dan efek populer untuk mendapatkan peluang FYP. 

Cara ini tentu layak Anda coba pada konten pemasaran brand. Meski demikian, pastikan tren yang Anda gunakan masih relevan dengan karakteristik bisnis. 

e. Buat Thumbnail Menarik dengan Keyword Penting

Selain memakai hashtag, Anda perlu memakai thumbnail yang mengandung kata kunci relevan. Lantas, apa tujuannya?

Jadi, ketika audiens sedang mencari kebutuhan informasi di mesin pencari TikTok, maka konten Anda akan menjadi tidak sulit ditemukan. 

Oleh sebab itu, gunakan teks on-screen atau tampilan frame yang bisa menggambarkan isi video secara singkat dan menarik.

f. Kolaborasi dengan TikTokers Lain

Di tahun 2025, salah satu cara berkompetisi di tengah derasnya informasi masa kini adalah dengan berkolaborasi. 

Jangan ragu untuk bekerja sama dengan para TikTokers atau influencer demi meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Kolaborasi ini tentu saja banyak bentuknya seperti muncul di akun TikTokers atau membuat video duet. 

Para expertise sepakat bahwa peran search engine optimization di TikTok akan terus menguat dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, Anda perlu berinvestasi pada SEO untuk memperkokoh keberadaan online brand di TikTok.

Salah satu investasi SEO terbaik yang bisa Anda upayakan adalah bekerja sama dengan tim ahli seperti yang ada di EON Creative DigitalSearch engine optimization service kami sangat komprehensif mulai dari proses riset hingga evaluasi. Anda bisa memanfaatkan untuk mendongkrak visibilitas web maupun media sosial seperti TikTok. 

Explide
Drag