6 Ide Cerdas Menambah Email Subscribers untuk Marketing Tanpa Perlu Iklan Mahal

Di era marketing yang begitu kompetitif, memiliki email subscribers bukanlah sekadar pengikut semata, tetapi benar-benar menjadi aset berharga. Bagaimana tidak? Para subscribers ini dengan sukarela menerima email blast Anda bahkan memberikannya perhatian lebih. Dengan begitu email marketing Anda berpotensi mendapatkan konversi dengan lebih baik. 

Meski demikian, memperoleh subscriber bukanlah perkara yang mudah. Anda harus menemukan cara cerdas agar calon pelanggan bersedia menjadi bagian dari brand Anda. Jangan pusing dan resah!

Berikut ini adalah solusi untuk Anda agar email subscribers bertambah yang bisa menunjang strategi pemasaran. Penasaran apa saja solusi idenya?

6 Ide Cerdas Menambah Email Subscribers untuk Marketing

6 Ide Cerdas Menambah Email Subscribers untuk Marketing

Salah satu modal kesuksesan email blast agar mampu meningkatkan konversi adalah memiliki basis subscribers  yang loyal. 

Tapi tenang, Anda bisa mencoba berbagai cara cerdas berikut untuk mendapatkan subscribers yang setia di bawah ini. 

1. Tawarkan Lead Magnet Relevan dan Spesifik dengan Audiens

Jika Anda meminta saran pada para expertise email blast and marketing, maka tidak sedikit dari mereka yang akan menjawab: fokuslah pada lead magnet

Apa itu lead magnet

Lead magnet adalah sesuatu hal yang menarik diberikan kepada calon pelanggan sebagai bentuk apresiasi atas pemberian email mereka. Anda bisa mengemas lead magnet ini dalam berbagai cara seperti eBook, kursus gratis, panduan praktis, video tutorial, webinar, dan lain sebagainya. 

Kunci dari keberhasilan cara ini adalah terletak pada seberapa relevan tawaran Anda dengan kebutuhan audiens. Semakin relevan lead magnet Anda dengan keperluan audiens, semakin besar pula peluang mereka menjadi pelanggan email Anda. 

Oleh sebab itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait masalah apa yang mungkin audiens Anda hadapi dan apa saja kebutuhan mereka. 

2. Optimalkan Pop-Up dan Formulir di Situs Bisnis Anda

Cara kedua adalah memaksimalkan penggunaan pop-up dan formulir pada website Anda. Jangan hanya menempatkan formulir registrasi pada bagian footer yang jarang terlihat. 

Anda bisa memanfaatkan momentum strategis seperti saat calon pelanggan Anda menutup situs halaman Anda (exit intent) atau setelah mereka scrolling halaman 50%. 

Intinya, letakkan pop-up Anda senyaman mungkin untuk dilihat pengguna. Buatlah formulir sesederhana mungkin seperti menyertakan nama dan alamat email saja agar pengguna tidak merasa kerepotan. 

3. Maksimalkan Konten Blog Anda

Cara ini terbilang cukup basic, tetapi berperan besar terhadap keberlangsungan email blast Anda. Bagaimana tidak?

Untuk audiens benar-benar dengan sukarela memberikan email, mereka harus mendapatkan sesuatu hal yang sebanding. Salah satunya adalah valuable insight. Anda bisa menciptakan nilai lebih dengan mengandalkan konten blog

Anda bisa memaparkan insight menarik dan helpful kepada audiens dalam bentuk tulisan atau artikel blog. Fokuslah untuk membahas topik tertentu dan membuat variasi konten agar audiens semakin tertarik. 

Jangan lupa, personalisasikan konten Anda setelah memahami preferensi mereka agar audiens tetap loyal dengan blog Anda bahkan selalu menantikan update news dari Anda. 

4. Gunakan Social Media Content Marketing untuk Menarik Subscriber

Platform media sosial tentu saja berpeluang untuk membantu Anda mendapatkan email subscribers seperti X, Instagram, TikTok, atau bahkan Facebook. Tips pentingnya adalah Anda harus menyisipkan nada persuasi yang tepat dalam konten. 

Anda bisa merancang konten berwawasan, emosional, atau menghibur, kemudian mengarahkan audiens untuk mendapatkan akses eksklusif melalui email Anda. 

Misalnya, Anda bisa membuat cuplikan konten dari video tutorial di media sosial dan mempersuasi mereka untuk registrasi email untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya. 

5. Berikan Insentif bagi Subscriber Eksisting untuk Mengajak Teman

Cara lain yang patut Anda coba lainnya adalah memanfaatkan jejaring subscribers yang sudah ada. Apa maksudnya? Anda akan memberikan insentif menarik bagi subscribers yang berhasil mengajak teman untuk ikut berlangganan. 

Program referral sederhana bisa menjadi pemicu yang kuat. Misalnya, Anda bisa memberikan akses ke konten premium, diskon eksklusif, voucher belanja, atau hadiah menarik lainnya agar mereka tertarik untuk mengajak orang terdekat. 

6. Kolaborasi dengan Media atau Influencer

Anda bisa bekerja sama dengan media atau influencer yang relevan untuk promosi silang konten Anda. Anda juga bisa mengadakan program ekslusif bersama dan menjalankan giveaway. 

Cara ini bisa memberikan Anda peluang memperluas jangkauan calon pelanggan sekaligus berpotensi mendapatkan email subscribers baru. 

Dari 6 cara di atas, manakah yang sudah Anda lakukan untuk menambah subscribers? Apakah cukup membantu strategi email blast Anda? Tidak hanya berpotensi membuat email marketing Anda mendapatkan perhatian, tetapi pelanggan email Anda bisa bertransformasi menjadi brand ambassador. Mereka bisa merekomendasikan newsletter email Anda pada orang terdekat, asalkan apa yang Anda berikan benar-benar valuable

Bersama EON Creative Digital, Anda bisa mendorong performa email blast dan membangun subscribers list yang lebih solid. Hubungi kontak kami sekarang juga!

Explide
Drag