Sebagai pebisnis atau marketer, mungkin Anda mulai mempertanyakan apakah SMS & MMS blast masih menjadi strategi pemasaran yang relevan di tahun 2025? Wajar saja, mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat akhir-akhir ini. Oleh sebab itu, strategi yang populer sejak tahun 2000-an ini perlu dipertanyakan kembali.
Dari perspektif yang lebih luas, efisiensi SMS dan MMS blast sebenarnya masih tetap relevan hingga saat ini. Mengapa demikian? Temukan jawabannya pada deskripsi di bawah ini.
Mengenal Apa itu SMS & MMS Blast

SMS dan MMS blast pada dasarnya memiliki prinsip yang sama yaitu sama-sama mengirimkan pesan massal melalui perangkat seluler. Lalu, apa yang membedakannya?
SMS (Short Message Service) blast umumnya hanya mengandalkan pesan dalam bentuk teks saja dan sifatnya terbatas. Sedangkan MMS (Messaging Multimedia Service) blast akan mendukung Anda untuk mengirimkan pesan dengan berbagai multimedia seperti video, gambar, audio, dan teks tentunya.
Meski demikian, tujuan utama dari kedua strategi marketing tersebut tetaplah sama yaitu mengirimkan pesan promosi kepada audiens tentang produk atau layanan jasa. Mungkin saat ini telah terlintas di pikiran Anda bahwa SMS & MMS mengalami kemunduran.
Akan tetapi, fakta menariknya adalah ternyata 96% pengguna smartphone masih memakai metode SMS sederhana untuk berbagi pesan. Hal ini menjadi lumrah ketika tingkat keterbukaan SMS blast bisa mencapai 90% dan lebih banyak dibandingkan dengan email marketing.
Walaupun metode pemasaran melalui pengiriman pesan SMS & MMS terlihat klasik, namun Anda masih bisa mendapatkan sederet manfaatnya. Penasaran?
5 Alasan Mengapa SMS & MMS Blast Masih Jadi Strategi Marketing yang Relevan

Setidaknya ada 5 alasan mengapa Anda masih perlu mempertimbangkan pengiriman pesan pemasaran melalui SMS & MMS di tahun 2025.
1. Biaya Pemasaran Terjangkau dengan ROI Tinggi
Alasan pertama adalah efisiensi biaya pemasaran yang cukup terjangkau dengan return of investment (ROI) yang tinggi. Jika dibandingkan dengan iklan digital ataupun tradisional lainnya, biaya SMS & MMS masih relatif lebih murah.
Jika Anda berniat untuk mengenalkan produk atau jasa ke banyak orang dengan budget ekonomis, maka strategi ini bisa menjadi alternatifnya.
2. Sifatnya Personal
Kedua, SMS & MMS blast memiliki kesan personal. Pesan pemasaran ini tidak dikirimkan untuk publik, melainkan privat kepada calon pelanggan Anda. Hal ini akan menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih eksklusif dan personal sehingga meningkatkan peluang pesan Anda untuk diperhatikan atau dibaca.
Selain itu, pesan ini akan masuk langsung ke ponsel penerima. Itu artinya, mereka akan cenderung lebih responsif dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya. Melalui pendekatan yang tepat, strategi pemasaran ini tidak hanya akan mempererat hubungan bisnis dengan pelanggan, tetapi juga bisa berpotensi meningkatkan konversi.
3. Tingkat Quick Response yang Bagus
Alasan menarik selanjutnya adalah pengiriman melalui SMS & MMS memiliki tingkat respons dari audiens yang bagus. Selain tingkat open rate yang tinggi, menurut beberapa riset menunjukkan bahwa SMS & MMS blast berkemungkinan delapan kali lipat lebih ditanggapi oleh audiens daripada pemasaran berbasis email. Tentu menarik, bukan?
4. Strategi Pemasaran yang Cepat dan Mudah
Mekanisme pengiriman pesan melalui SMS & MMS juga tergolong praktis dengan waktu yang singkat. Pesan pemasaran Anda dapat dikirim ke ribuan pelanggan hanya dalam hitungan detik.
Tidak seperti email yang mungkin masuk ke folder spam atau iklan digital yang membutuhkan optimasi, SMS & MMS langsung masuk ke kotak pesan utama penerima, sehingga peluang untuk dibaca jauh lebih tinggi.
5. Menjangkau Audiens Luas Tanpa Internet
Memang saat ini perkembangan internet seakan tidak terelakkan. Meski demikian, saat ini masih terdapat beberapa segmen yang juga sulit untuk mengakses internet. Maka dari itu, SMS & MMS blast ini bisa menjadi peluang Anda untuk menjangkau audiens yang tidak selalu terhubung secara online.
Selain itu, tidak semua orang memiliki akun media sosial, tetapi hampir semua pemilik ponsel dapat menerima pesan melalui SMS atau MMS. Dengan strategi ini, bisnis dapat memastikan bahwa pesan pemasaran tetap tersampaikan dengan efektif, tanpa bergantung pada koneksi internet atau platform digital lainnya.
Demikian penjelasan mengenai SMS & MMS blast dan beberapa alasan mengapa strategi tersebut masih cukup relevan di tahun 2025. Jika Anda ingin menyasar target audiens luas tanpa harus mempertimbangkan keberadaan internet atau kecanggihan teknologi lainnya, maka pengiriman pesan lewat SMS & MMS bisa jadi solusi tepatnya.