Whatsapp Blast Marketing: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

Apakah Anda sudah cukup familiar dengan Whatsapp blast marketing? Di era perkembangan teknologi, Whatsapp ternyata bukan hanya menjadi sekedar platform komunikasi personal. Akan tetapi lebih dari itu, Whatsapp telah bertransformasi sebagai sebuah strategi dan alat pemasaran yang dinilai cukup ampuh untuk membidik calon pelanggan. 

Jika direnungkan lebih lanjut lagi, mungkin Anda akan sepakat bahwa saat ini bisa dipastikan hampir semua orang memiliki platform komunikasi ini. Itu artinya, Anda bisa menjangkau audiens siapa saja dan dari mana saja. Tidak heran jika para marketer mengakui bahwa strategi ini cukup efektif dan efisien dengan biaya terjangkau. Lantas, bagaimana prinsip pemasaran dengan pengiriman pesan massal melalui WA?

Apa itu Whatsapp Blast Marketing?

Apa itu Whatsapp Blast Marketing?

Whatsapp blast marketing pada dasarnya adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan sebuah pesan secara massal melalui kanal Whatsapp. Tujuannya adalah untuk menyebarkan informasi terkait produk atau jasa, promosi,  ataupun pengumuman secara cepat. 

Lalu, apa bedanya dengan Whatsapp broadcast?

Singkatnya, Whatsapp broadcast hanya membatasi untuk mengirimkan pesan kepada maksimal 256 orang yang ada di daftar kontak Anda. Berbeda dengan blast WA ini, Anda dapat menyebarkan informasi kepada siapapun meski Anda tidak memiliki nomor kontaknya. 

Blast WA ini umumnya memanfaatkan fitur khusus yaitu Whatsapp Business API sebagai layanan pihak ketiga untuk menyebarkan pesan pemasaran Anda ke ribuan orang. 

Cara Kerja Whatsapp Blast

Cara Kerja Whatsapp Blast

Cara kerja blast WA tergolong mudah. Anda cukup memahami beberapa poin penting di bawah ini untuk menerapkan strategi pengiriman pesan massal melalui Whatsapp. 

Mengirim Pesan Massal

Pertama, Anda perlu menyusun daftar kontak atau target audiens yang ingin dibidik. Meski Anda difasilitasi untuk mengirimkan pesan kepada siapa pun, tetaplah Anda perlu melihat siapa yang akan menjadi calon pelanggan Anda. Ini menjadi penting untuk melihat performa strategi pemasaran Anda apakah relevan dengan audiens atau tidak.  

Kemudian, jangan lupa untuk meramu pesan yang ciamik dengan bahasa yang jelas agar mudah dipahami oleh sasaran Anda. Setelah itu, pesan tersebut akan dikirim kepada daftar kontak dalam waktu singkat secara otomatis. Hal ini tentu membuat pekerjaan Anda lebih mudah tanpa harus mengirim pesan satu per satu. Tentu praktis, bukan?

Jangan khawatir, Whatsapp Business API telah menjamin proses pengiriman pesan Anda secara tepat dengan akurasi keberhasilan tinggi. Sistem ini juga akan memastikan bahwa pesan yang dikirim telah memenuhi standar kebijakan WA sehingga akun tetap terjaga. 

Menetapkan Alur Komunikasi

Menyebarkan pesan itu mudah, tetapi memastikan pesan tersebut benar-benar sampai dan berkesan bagi penerima adalah tantangan tersendiri. Meski dikirim secara otomatis, Anda perlu melakukan personalisasi pesan. 

Tidak hanya sekadar iklan atau media promosi belaka, pesan yang dikirim harus mampu membangun hubungan dengan pelanggan, memberikan nilai tambah, serta mendorong interaksi. Berikan keterangan lengkap mengenai identitas bisnis Anda mulai dari nama, jenis produk, lokasi, dan lain sebagainya. 

Jangan lupa untuk menambahkan sentuhan personal agar audiens tidak merasa seperti hanya menerima iklan semata. Gunakan bahasa yang lebih hangat dan tidak terlalu kaku, sehingga pesan terasa lebih akrab dan relevan bagi penerima.

Di sisi lain, Anda juga harus memastikan pesan yang dikirim adalah informasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens. Hal ini tidak hanya akan membuat strategi pemasaran Anda efektif, tetapi juga membangun hubungan erat antara pemilik bisnis dan pelanggan. 

Manfaat Whatsapp Blast Marketing untuk Bisnis

Blast melalui Whatsapp tentu akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Berikut adalah sederet manfaat yang bisa Anda rasakan dari menerapkan strategi pemasaran ini. 

Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Pertama, Anda bisa meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Bagaimana bisa? Dengan persentase keterbukaan pesan hingga 98%, blast WA bisa menjadi strategi yang lebih efektif dibandingkan dengan email marketing

Hal ini dengan pertimbangan bahwa Whatsapp menjadi media komunikasi masyarakat sehari-hari.

Membidik Target Pelanggan dengan Mudah

Kedua, manfaat dari Whatsapp blast yang cukup menarik adalah Anda bisa menjangkau audiens secara luas sekaligus tertarget. Saat Anda mengirimkan pesan dengan tingkat keterbukaan tinggi, Anda bisa mengenalkan produk atau jasa dengan lebih mudah. 

Semakin banyak orang mengetahui informasi bisnis Anda, brand awareness tentu juga ikut meningkat. 

Biaya Iklan yang Terjangkau

Biaya iklan yang membengkak umumnya menjadi persoalan banyak marketer saat ini. Jangan khawatir, mengirimkan pesan massal menggunakan WA terbilang cukup ekonomis dengan hasil pemasaran yang terukur. 

Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing lagi untuk mengalokasikan dana iklan atau pemasaran. Dengan potensi jangkauan yang luas, Anda tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Tentu menarik, bukan?

Mendapatkan Feedback Customer

Terakhir, Anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan Anda. Fitur Whatsapp Business ini memberikan Anda peluang untuk membangun komunikasi dua arah antara pebisnis dengan pelanggan. 

Anda bisa mendapatkan respons secara langsung dari pelanggan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini tentu bisa menjadi evaluasi agar brand Anda lebih berkembang dan tetap relevan di mata audiens. 

Dari penjelasan di atas mengenai pengertian hingga manfaat Whatsapp blast, apakah Anda tertarik untuk menerapkan strategi marketing tersebut? Menjalin komunikasi dengan pelanggan adalah kunci kesuksesan brand Anda di era ketatnya persaingan bisnis. Maka dari itu, gunakan kecanggihan teknologi dari Whatsapp ini untuk membuat bisnis Anda go and beyond. Selamat mencoba!

Explide
Drag