Belajar CRM dari Spotify: Customer Experience Unik Lewat Playlist

Di dunia marketing modern, inti dari customer relationship management adalah menciptakan hubungan yang kuat, bermakna, dan berkelanjutan. Di era digital saat ini, sekadar menawarkan USP produk atau layanan saja tidaklah cukup. Kini, pelanggan ingin merasa dipahami. 

Inilah yang dilakukan oleh Spotify dengan sangat brilian. Lewat playlist yang dipersonalisasikan, Spotify tidak hanya menyajikan musik, tetapi juga menghadirkan pengalaman mendalam yang terasa personal. Mereka tahu bahwa musik bukan sekadar hiburan, tapi juga bagian dari momen-momen penting dalam hidup setiap penggunanya.

Penasaran bagaimana Spotify menunjukkan customer experience yang begitu unik dan membuat penggunanya begitu terkesan? 

Apa yang Bisa Dipelajari dari Spotify soal Customer Experience?

Apa yang Bisa Dipelajari dari Spotify soal Customer Experience?

Terdapat beberapa pembelajaran menarik terkait customer relationship management khususnya customer experience dari aplikasi streaming musik populer ini. Berikut beberapa strategi kunci dari Spotify yang bisa menjadi inspirasi:

a. Playlist yang Serasa Dibuat Khusus Buat User

Spotify menyadari pentingnya personal touch dalam menciptakan customer experience. Spotify mengumpulkan data terkait penggunanya mulai dari riwayat lagu yang diputar, playlist, genre, dan lain sebagainya. 

Dengan memanfaatkan data tersebut, Spotify bisa meramu playlist personal sesuai dengan selera user seperti Daily Mix dan Discover Weekly. Lalu, apa hasilnya?

Pengguna Spotify tentu saja merasa dimengerti dan dipahami. Hal inilah yang pada akhirnya membuat pengguna selalu mengandalkan Spotify sebagai aplikasi streaming musik favorit. 

b. Memakai Algoritma AI untuk Rekomendasi yang Super Dinamis

Di balik pengalaman mendengarkan musik yang begitu personal itu, tentu saja ada kecanggihan teknologi yang ikut andil. Spotify mengandalkan algoritma berbasis AI dan machine learning untuk memahami pengguna mereka. 

Setiap klik, skip, atau reply digunakan untuk memperbaiki rekomendasi mereka secara berkelanjutan. Hal ini yang membuat pengalaman pengguna berkembang dinamis, seolah Spotify juga turut ikut tumbuh bersamanya. 

Lantas, apa yang bisa dipetik dari ini? Dalam mendesain pengalaman pelanggan, keputusan strategi customer relationship management Anda harus selalu berbasis data. Tujuannya adalah agar layanan Anda terus relevan dengan kondisi pelanggan yang berubah dari waktu ke waktu. 

c. Spotify Wrapped: Strategi Engagement yang Emosional dan Viral

Apakah Anda familiar dengan program Spotify Wrapped? Program unik ini mampu menciptakan keterlibatan kuat dan rasa kebersamaan dengan pengguna. Di akhir tahun, Spotify mengadakan program ini untuk merangkum pengalaman unik masing-masing penggunanya, mulai dari artis, lagu, hingga genre favorit. 

Inisiatif ini berhasil menciptakan buzz luar biasa di media sosial bahkan kerapkali viral atau trending. Pengguna menjadi terdorong untuk membagikan hasil rangkuman mereka dan pada akhirnya memberi efek domino pada pengguna lainnya. 

d. Konsistensi Pengalaman di Berbagai Perangkat

Konsistensi Pengalaman di Berbagai Perangkat

Pembelajaran menarik dari customer relationship management Spotify selanjutnya adalah memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai perangkat atau omnichannel experience. Ini bukanlah sesuatu hal yang gampang untuk dilakukan. 

Namun, Spotify telah berhasil menunjukkan dedikasinya kepada para pengguna dengan menawarkan integrasi berbagai perangkat seperti TV, smartphonesmart TV, mobil, dan lain sebagainya. 

Fitur integrasi ini memudahkan pengguna untuk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain dengan mulus, sambil tetap melanjutkan lagu atau playlist yang sedang diputar tanpa gangguan.

e. Adanya Diversifikasi Konten Seperti Podcast

Spotify tentu saja tidak melulu soal musik. Dengan mengembangkan ekosistem podcast dan konten audio lainnya, mereka telah berhasil memperluas relevansi produk mereka ke semua lini kehidupan penggunanya. 

Strategi diversifikasi konten ini tidak hanya meningkatkan waktu penggunaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan emosional pendengar terhadap platform. 

Jadi, menurut Anda, strategi customer relationship management manakah yang paling unik dan menarik dari Spotify? Melalui basis data yang kuat, Spotify tidak segan untuk membuatkan pengalaman pengguna yang begitu personal sehingga membuat setiap orang merasa dimengerti. Alhasil, para penggunanya juga tidak enggan untuk menjadikan Spotify sebagai daily apps mereka yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. 

Ketika Anda kehabisan ide menarik untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, tenang saja. EON Creative Digital siap membantu. Melalui customer relationship management service, kami siap merancang pengalaman pelanggan yang autentik dan tentu saja berbasis data. Hubungi kami hari ini dan wujudkan customer experience impian Anda sekarang!

Explide
Drag