Cara Memikat Hati Konsumen Gen Z dengan Iklan Podcast

Gen Z bisa dibilang menjadi ceruk pasar potensial bagi brand masa kini. Apakah Anda tengah membidik mereka melalui berbagai strategi digital ads? Jika iya dan masih bingung menemukan caranya, maka Anda telah menemukan artikel yang tepat. 

Tahukah Anda ternyata podcast menjadi media populer yang sering dikonsumsi Gen Z? Mengutip dari data Spotify, generasi Z ini telah mendengarkan sebanyak 2,6 miliar episode podcast di tahun 2024. Tentu menarik, bukan? 

Ini menjadi kesempatan emas untuk Anda membuat podcast ads dalam rangka menyasar audiens Gen Z. Lantas, bagaimana strategi ciamik untuk memenangkan hati mereka melalui iklan podcast

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Memahami Mindset dan Pola Konsumsi Media Gen Z

Memahami Mindset dan Pola Konsumsi Media Gen Z

Sebelum berbicara tentang digital ads melalui podcast, mari memahami karakteristik dan mindset Gen Z. Mereka lahir, tumbuh, dan berkembang beriringan dengan teknologi. Sebagai digital native, media sosial sudah menjadi bagian hidup esensial mereka sehari-hari. 

Dalam konteks pembelian, Gen Z memiliki preferensi kuat terhadap keberadaan suatu produk. Mereka tidak hanya melihat fungsi dari sebuah produk atau brand, tetapi juga nilai yang ada dibaliknya. Bahkan, mereka memiliki kekuatan pengaruh antar sesamanya. 

Inilah mengapa Gen Z memiliki power luar biasa sebagai target audiens bisnis. Meski demikian, untuk membidik mereka, para brand tidak cukup hanya sekedar memahami karakteristik mereka, tetapi juga cara menjangkau mereka. 

Hal ini besar kaitannya dengan pola konsumsi dan penggunaan media Gen Z. Sebagai digital native, bisa dibilang hampir semua aspek kehidupan Gen Z berada dalam radar online. 

Kini, podcast menjadi platform online favorit Gen Z. Mereka bisa menghabiskan waktu keseharian dengan ditemani episode podcast yang tidak hanya dinilai menghibur, tetapi juga insightful

Oleh sebab itu, teramat sangat disayangkan jika brand tidak mampu mengeksplorasi media ini untuk menarik perhatian Gen Z termasuk melalui placement ads

Tips Iklan Podcast untuk Membidik Pasar Gen Z

Tips Iklan Podcast untuk Membidik Pasar Gen Z

Anda bingung cara memikat Gen Z dengan digital ads satu ini? Tenang, berikut adalah beberapa tips terbaru dan kekinian yang wajib Anda terapkan dalam strategi iklan brand

a. Pakai Gimik dan Storytelling yang Mengena

Anda perlu memahami bahwa karakter dari podcast adalah penceritaan. Gen Z menyukai konten yang menghibur dan mampu menyentuh sisi emosional mereka. 

Oleh sebab itu, Anda perlu menemukan cara yang berbeda agar iklan terasa lebih natural dan unik. Gen Z bukan tidak tertarik dengan iklan, tetapi mereka tidak menyukai iklan yang tidak menarik. 

Gunakan gimik lucu, ide unik, atau sentuhan plot twist yang bisa membuat mereka ingin lebih tahu tentang brand Anda. Iklan yang sifatnya menyatu dengan alur cerita podcast dinilai lebih autentik dari hanya sekedar promosi produk secara langsung.

b. Pilih Host Podcast yang Punya Kedekatan dengan Audiens

Bukan berarti Anda harus memilih host podcast dari sesama Gen Z, melainkan sosok yang memiliki relevansi dan resonansi dengan kehidupan mereka. Gen Z cenderung mempercayai sosok yang terasa autentik, terbuka, dan memiliki nilai yang sejalan dengan mereka. 

Intinya, pilihlah host podcast yang mampu membangun koneksi dan menciptakan trust dengan audiens Gen Z. Lakukan riset terlebih dahulu siapa podcaster yang memiliki pengaruh di segmen Gen Z dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pendengar.

c. Berikan Penawaran dan Pengalaman Menarik

Gen Z dikenal sebagai kaum yang haus dengan experience baru dan cenderung bosan terhadap sesuatu hal monoton atau repetitif. 

Brand perlu mencari sesuatu yang fresh, eksploratif, dan mampu memberikan value lebih dari sekadar informasi terbaru. 

Anda bisa melibatkan penawaran khusus atau pengalaman eksklusif untuk menarik minat Gen Z terhadap brand Anda. 

Misalnya, Anda bisa memberikan discount pada Gen Z yang turut bersedia menjadi tester atau reviewer produk brand. Jika ada ide promo atau challenge menarik lainnya, Anda bisa mengelaborasikannya dalam iklan podcast

d. Optimalkan Call-to-Action yang Relevan dan Ringkas

Last but not least, sebagus apapun digital ads, jika Anda tidak menyertakan call-to-action secara jelas, maka semua akan terasa sia-sia. Untuk menyasar Gen Z, pastikan CTA Anda cukup ringkas, tidak ambigu, dan disampaikan secara to the point

Tingkat perhatian konsumen saat ini dibilang cukup singkat, pastikan elemen CTA Anda sudah mewakili urgensi dari kampanye brand. Anda juga bisa menggunakan gimik tertentu untuk mendorong rasa FOMO Gen Z seperti keterbatasan diskon atau kuota menarik lainnya. 

Podcast menjadi salah satu alternatif platform yang potensial untuk Anda gunakan dalam strategi digital ads khususnya membidik konsumen Gen Z. Pastikan iklan Anda dikemas menarik, natural, dan menyatu dengan alur cerita konten. 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk menerapkan strategi podcast ads? Jika Anda masih sering terkendala dalam pengelolaan digital ads, EON Creative Digital siap jadi partner terbaik Anda. Kami siap membantu iklan Anda menjadi lebih powerful untuk bisnis dan tentunya membidik target tepat sasaran. 

Explide
Drag