Cara Optimalkan SEO E-Commerce Agar Trafik Melejit

Apakah toko online Anda sepi pengunjung? Jika iya, tandanya Anda membutuhkan strategi search engine optimization atau lebih tepatnya SEO untuk E-commerce. Mengapa demikian? 

Toko online yang sepi bisa jadi disebabkan karena Anda berada di peringkat bawah hasil pencarian. Pada akhirnya, calon pelanggan Anda kesulitan menemukan produk yang ditawarkan. 

Padahal, dengan strategi SEO yang tepat, toko online Anda bisa muncul di halaman pencarian teratas, meningkatkan visibilitas, serta mendatangkan banyak trafik yang berpotensi menjadi pembeli. Anda tentu menginginkan hal ini, bukan? 

Oleh sebab itu, pahami sekarang juga tentang konsep SEO dalam E-commerce melalui penjelasan berikut. 

Apa itu SEO untuk E-commerce?

Search engine optimization (SEO) untuk E-commerce adalah serangkaian strategi yang ditujukan untuk meningkatkan visibilitas ataupun peringkat situs toko online di hasil pencarian mesin pencari seperti Google atau Bing. 

Strategi SEO tentu akan mendorong peningkatan brand awareness Anda tanpa harus selalu mengandalkan iklan berbayar. Saat ini, mayoritas pola perilaku belanja masyarakat dimulai dengan mengetikkan produk di mesin pencari. 

Maka dari itu, agar situs E-commerce Anda muncul di halaman teratas SERP, Anda perlu menerapkan strategi SEO. 

Mengapa Search Engine Optimization Penting untuk Web E-commerce?

Mengapa Search Engine Optimization Penting untuk Web E-commerce?

Apakah Anda masih skeptis terhadap SEO untuk E-commerce? Memang pada dasarnya strategi SEO lebih familiar untuk meningkatkan peringkat blog atau situs. Meski demikian, SEO juga memiliki dampak yang luar biasa terhadap E-commerce. Mengapa demikian?

Sederhananya, SEO akan membantu situs toko online Anda mendapatkan trafik yang banyak dan mendorong terjadi pembelian. 

Ketika toko online Anda menempati posisi teratas di hasil pencarian, semakin banyak orang yang akan menemukan dan mengetahui produk yang Anda tawarkan. Ini dapat meningkatkan peluang untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Jika Anda hanya mengandalkan iklan berbayar atau paid search, biaya yang perlu dikeluarkan tentu akan semakin besar seiring berjalannya waktu. Ini tentu akan menjadi persoalan yang rumit jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas untuk pemasaran. 

Namun, jika mengandalkan SEO E-commerce, Anda setidaknya dapat merasakan beberapa manfaat seperti:

  • Menjangkau calon pelanggan secara organik;
  • Kredibilitas semakin menguat di mata calon pelanggan;
  • Mendapatkan keunggulan kompetitif dari kompetitor. 

Jadi, masihkan Anda ragu untuk menerapkan strategi search engine optimization untuk toko online kesayangan?

Cara Optimalkan SEO E-commerce

Cara Optimalkan SEO E-commerce

Apakah Anda masih kebingungan tentang cara mengoptimalkan SEO untuk toko online? Tenang, jangan khawatir dan pusing. Secara garis besar, strategi SEO yang diterapkan masih sama dengan biasa dilakukan untuk blog ataupun artikel. 

Meski demikian terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan lebih lanjut, diantaranya seperti:

1. Riset Kata Kunci

Elemen penting dalam SEO adalah keyword atau kata kunci yang tepat dan relevan. Tidak hanya situs artikel saja yang membutuhkan kata kunci, tetapi juga website E-commerce Anda. 

Anda bisa menggunakan berbagai platform riset kata kunci seperti Ahref, Semrush, atau Google Keyword Planner untuk membantu pekerjaan ini. Anda dapat menyisipkan kata kunci di berbagai elemen, seperti meta title, meta description, judul produk, subjudul, deskripsi produk, dan lain sebagainya. 

2. Memperbaiki Arsitektur Web E-commerce

Arsitektur web disini memiliki makna tentang bagaimana Anda mengorganisir halaman, kategori, produk, dan konten lainnya. Aspek-aspek ini merupakan elemen teknis dari SEO yang penting bagi setiap platform E-commerce. 

Tujuan dari perbaikan arsitektur situs toko online adalah meningkatkan user experience saat berbelanja. Pastikan mesin pencari dapat dengan mudah mengindeks halaman produk Anda sehingga mudah ditemukan oleh calon pelanggan. 

3. Menerapkan Strategi Content Marketing

Dengan berbekalkan riset kata kunci relevan, Anda bisa menggunakannya untuk membuat konten pemasaran yang berkualitas. 

Buatlah konten yang informatif, menarik, dan relevan dengan produk yang Anda jual. Misalnya, Anda bisa membuat artikel blog, panduan penggunaan produk, ulasan pelanggan, atau video tutorial. 

Dengan menghadirkan konten yang bermanfaat, pengunjung akan lebih tertarik dan memiliki alasan untuk kembali ke toko online Anda.

4. Optimalkan Gambar Produk

Selain teks, gambar juga berperan penting dalam SEO E-commerce. Pastikan setiap gambar produk memiliki kualitas tinggi, ukuran yang teroptimasi agar tidak memperlambat kecepatan situs, serta menggunakan atribut alternatif (alt text) yang mengandung kata kunci relevan.

Contohnya, Anda ingin menjual produk sepatu lari untuk perempuan. Daripada hanya menggunakan nama foto ‘IMG_123.jpg’, Anda dapat menyematkan nama foto dengan kata kunci ‘Running Shoes for Women (Brand Anda).jpg’ agar mudah ditemukan di mesin pencari.

5. Menyajikan Konten Unik di Setiap Halaman

Setiap halaman produk dalam toko online Anda sebaiknya memiliki deskripsi unik yang tidak hanya menarik pelanggan, tetapi juga dioptimalkan untuk SEO. 

Hindari menggunakan deskripsi produk yang sama persis dari produsen atau menyalin dari kompetitor, karena hal ini dapat berdampak negatif pada peringkat di mesin pencari.

Sebagai tips, Anda bisa menuliskan setiap detail deskripsi produk dengan menjelaskan fitur unggulannya secara listing agar mudah dipahami oleh calon pelanggan. Di sisi lain, jangan lupa untuk tetap menyisipkan kata kunci secara natural. 

Demikian penjelasan mengenai konsep search engine optimization (SEO) untuk situs toko online mulai dari pengertian hingga cara mengoptimalkannya. Tentu Anda menginginkan trafik E-commerce yang melejit, bukan?

EON Creative Digital memiliki layanan konsultasi search engine optimization yang dapat membantu Anda mewujudkan performa situs E-commerce yang lebih optimal di mesin pencari. 

Explide
Drag