Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perusahaan besar seperti Google dan IBM tetap unggul di tengah persaingan bisnis yang ketat? Corporate branding adalah salah satu rahasia suksesnya.
Saat ini, memperkuat identitas brand dan perusahaan menjadi elemen krusial untuk Anda bersaing di ekosistem bisnis yang kompetitif. Lantas, bagaimana sebenarnya konsep dari penjenamaan korporat ini? Apakah dengan menampilkan logo menawan dan tagline menarik?
Tentu saja citra brand perusahaan lebih dari sekadar tagline dan logo, melainkan bagaimana Anda mendefinisikan perusahaan secara keseluruhan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai konsep corporate brand, ikuti penjelasannya di bawah ini.
Apa itu Corporate Branding?

Corporate branding adalah proses membangun, mengembangkan, dan mengkomunikasikan brand perusahaan sebagai sebuah entitas korporat.
Penjenamaan ini tentu lebih dari sekedar pencitraan produk atau jasa, melainkan keseluruhan elemen bisnis Anda mulai dari visi, misi, dan value perusahaan menjadi identitas khas inti yang menyatu.
Selain itu, pencitraan brand perusahaan juga melibatkan proses penyusunan narasi yang konsisten di seluruh elemen brand agar tetap selaras dengan target audiens. Proses ini tentunya mengubah konsep abstrak menjadi pengalaman nyata yang mencerminkan nilai dan identitas perusahaan Anda.
Narasi strategis ini tidak hanya berkutat pada aspek visual brand seperti logo, tetapi juga mencakup seluruh aspek korporat seperti layanan pelanggan, budaya kerja, hingga kualitas produk atau jasa.
Manfaat Corporate Branding
Ketika Anda memiliki identitas korporat brand yang kuat, setidaknya Anda akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:
1. Memperkuat Keunggulan
Anda akan memiliki nilai keunggulan lebih di mata audiens dibandingkan dengan kompetitor lain di industri. Bagaimana hal itu bisa terjadi?
Saat audiens Anda mudah mengenali corporate identity, semakin mudah pula mereka memutuskan untuk memilih menggunakan produk atau jasa perusahaan Anda.
Konsistensi dalam proses penjenamaan korporat akan menciptakan persepsi bahwa perusahaan memiliki kredibilitas dan profesionalisme tinggi sehingga pada akhirnya meningkatkan kepercayaan pelanggan.
2. Fondasi Pemasaran Berkelanjutan
Identitas corporate brand yang kuat berfungsi sebagai fondasi pemasaran jangka panjang. Dengan memiliki citra yang jelas dan pesan yang konsisten, strategi pemasaran menjadi lebih efektif dan mudah dijalankan.
Alih-alih harus selalu memperkenalkan diri dari awal, brand yang sudah dikenal akan lebih mudah mendapatkan perhatian dan respons positif dari target pasar.
Hal ini juga membantu perusahaan menghemat biaya pemasaran karena pelanggan sudah memiliki asosiasi yang kuat dengan merek.
3. Menciptakan Hubungan Emosional
Saat Anda sudah berhasil membangun citra perusahaan yang baik, maka keterikatan emosional antara pelanggan dan perusahaan akan terjalin seiring berjalannya waktu. Ikatan ini bahkan mampu menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap brand.
Pada akhirnya, ini akan berdampak pada keputusan pelanggan dalam memilih produk atau layanan dari perusahaan.
Lantas, bagaimana sebenarnya cara membangun identitas corporate brand yang kuat?
Cara Membangun Corporate Branding yang Kuat

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membangun identitas brand perusahaan yang kokoh, diantaranya yaitu:
1. Menetapkan Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan
Anda perlu memperjelas visi, misi, dan tujuan perusahaan. Ketiga elemen penting ini bisa dikatakan menjadi pondasi dari identitas perusahaan yang akan Anda komunikasikan ke khalayak.
Jika pondasi ini belum jelas, Anda akan kesulitan dalam membangun konsistensi citra perusahaan.
2. Melakukan Brand Audit
Setelah menetapkan elemen visi, misi, dan tujuan perusahaan, saatnya Anda melakukan brand audit. Proses ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana citra brand perusahaan saat ini diterima oleh audiens dan apakah sudah sesuai dengan identitas yang ingin dibangun.
Dalam brand audit, perusahaan perlu menilai:
- Persepsi publik terhadap perusahaan saat ini;
- Konsistensi identitas perusahaan, seperti logo, warna, tagline, dan komunikasi pemasaran;
- Kelebihan dan kekurangan corporate brand dibandingkan kompetitor.
Dengan memahami posisi merek saat ini, perusahaan dapat menyusun strategi perbaikan untuk membangun brand yang lebih kuat dan relevan.
3. Melakukan Survey Karyawan
Brand korporat tentu tidak hanya tentang bagaimana Anda menampilkan perusahaan kepada dunia luar, tetapi juga bagaimana Anda merepresentasikan korporasi kepada karyawan. Maka dari itu, tidak heran jika karyawan menjadi elemen penting dari proses pembangunan corporate brand.
Anda bisa melakukan survey karyawan tentang bagaimana mereka memahami identitas dan nilai-nilai perusahaan serta hal-hal yang menurut mereka penting untuk dikomunikasikan lebih lanjut.
4. Memahami Target Audiens
Cara Anda menampilkan diri perusahaan juga akan bergantung pada siapa target audiens Anda. Setiap segmen audiens memiliki preferensi, kebutuhan, dan harapan yang berbeda terhadap sebuah merek.
Untuk memahami audiens dengan lebih baik, perusahaan bisa melakukan:
- Riset pasar untuk mengetahui demografi, psikografi, dan perilaku audiens;
- Analisis tren industri dan kebutuhan pasar yang sedang berkembang;
- Studi kompetitor untuk melihat bagaimana mereka menarik perhatian audiens.
Dengan pemahaman yang mendalam, perusahaan dapat menciptakan pesan penjenaan yang lebih relevan dan menarik bagi audiens.
5. Menyusun Strategi Corporate Brand
Setelah semua data dan analisis terkumpul, langkah berikutnya adalah menyusun strategi corporate brand yang konkret. Strategi ini mencakup berbagai aspek identitas visual, komunikasi brand, strategi pemasaran, penerapan company culture, dan lain sebagainya.
Semua aspek ini dilakukan secara terintegrasi dengan narasi yang konsisten untuk menumbuhkan kesan tertentu di benak audiens tentang perusahaan Anda.
Itulah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, hingga cara membangun corporate branding yang kuat. Meski demikian membangun corporate brand bukan proses yang mudah. Anda tentu membutuhkan pendampingan dari expertise terkait pemetaan identitas dan proses komunikasi korporat.
Jangan pusing, percayakan proses branding perusahaan maupun bisnis Anda pada EON Creative Digital. Kami siap membawa brand Anda tumbuh lebih jauh melalui berbagai solusi digital.