Apakah Anda pernah terbesit menggunakan Performance Max untuk strategi digital ads, namun masih ragu? Fitur kampanye Google Ads ini pada dasarnya memang menjadi sorotan tersendiri dalam dunia digital advertising. Tidak sedikit yang menyebutnya sebagai game changer. Dengan otomatisasi yang menjanjikan serta jangkauan audiens yang lebih besar, fitur ini tampak cukup promising bagi marketer.
Namun, yang menjadi pertanyaan penting saat ini adalah apakah jenis campaign Google ini benar-benar cocok dengan bisnis Anda terlebih untuk UMKM? Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan ini, mari menyelami pembahasan Performance Max di bawah ini!
Apa itu Performance Max Campaigns Google Ads?

Ibaratnya, Performance Max ini semacam satu shortcut yang bisa memudahkan beberapa pekerjaan Anda berkaitan dengan digital ads. Fitur ini merupakan tipe kampanye Google Ads yang secara otomatis menayangkan iklan di seluruh ekosistem Google seperti Maps, Youtube, Gmail, dan lain sebagainya.
Demi mencapai target konversi Anda, campaign ini memanfaatkan machine learning untuk menyesuaikan penayangan iklan secara real-time. Alih-alih harus mengurus iklan di setiap platform, Anda bisa mengelola semuanya hanya melalui satu sistem terpadu.
Berkat kemampuan AI, Performance Max dapat menargetkan tujuan iklan Anda melalui serangkaian penyesuaian sedemikian rupa. Hal ini bisa mencangkup keberhasilan peningkatan konversi, mendapatkan lebih banyak leads, dan lain sebagainya.
Cara Kerja Performance Max
Apakah Anda penasaran dengan cara kerja fitur digital ads ini?
Performance Max mengandalkan algoritma machine learning untuk mengatur iklan semudah mungkin demi memenuhi target konversi pengiklan. Anda juga bisa memberikan informasi detail untuk menyokong performa kampanye seperti data pelanggan, teks, gambar, atau video.
Bahkan, Anda bisa menyusun prioritas konversi dengan menambahkan nilai konversi dan membuat aturan khusus untuk mengelolanya.
Keuntungan Memakai Performance Max
-1750379289.jpg)
Berikut sederet keuntungan yang bisa Anda pertimbangkan saat mengandalkan Performance Max untuk digital ads bisnis:
a. Campaign Management Semakin Praktis
Seperti yang sering diklaim oleh Google, Performance Max memiliki kemampuan untuk membuat proses manajemen iklan menjadi lebih praktis. Fitur ini akan mengotomatiskan beberapa aspek krusial seperti penyesuaian target iklan sesuai dengan tujuan bisnis, menargetkan konsumen dengan machine learning, serta mengatur iklan lintas platform.
Tentu saja berkat Performance Max, Anda bisa menghemat waktu dan fokus pada perencanaan strategis iklan untuk pertumbuhan bisnis.
b. Memperluas Jangkauan
Apakah Anda masih kebingungan menentukan platform iklan yang paling efektif di Google? Tenang, fitur Performance Max akan mengarahkan Anda untuk melihat peluang konversi pada setiap platform sesuai dengan data audiens. Sangat menarik, bukan?
Anda tentu saja bisa mengatur alokasi dana periklanan dengan lebih efisien. Campaign melalui Performance Max akan memastikan tayangan iklan Anda bisa menjangkau audiens lebih luas.
c. Fokus pada Digital Ads Goal
Fitur campaign ini lagi-lagi bukan perkara seberapa banyak iklan Anda tayang, tetapi tentang fokus pada tujuan utama digital ads bisnis. Melalui analisis data real-time, Performance Max akan menyesuaikan strategi, materi, dan penempatan iklan Anda dengan goal bisnis.
Dengan begitu, setiap rupiah yang Anda keluarkan untuk iklan bisa digunakan sebaik mungkin.
d. Meningkatkan Konversi
Dengan kemampuan analisis penempatan iklan, waktu iklan, dan audiens secara tepat, itu berarti peluang mendapatkan konversi tinggi semakin terbuka lebar. Jika Anda sedang gencar memperoleh keuntungan, maka Performance Max akan sangat bisa diandalkan.
Apakah Cocok untuk Digital Ads UMKM?
Lalu, apakah Performance Max benar-benar cocok dan dibutuhkan dalam agenda kampanye UMKM Anda?
Sebenarnya, tidak ada jawaban rigid untuk pertanyaan ini. Kampanye Google Ads memang memiliki potensi besar, namun bukan berarti akan selalu cocok dengan semua industri bisnis. Hal ini akan bergantung pada beberapa faktor seperti anggaran, sumber daya manusia, ukuran bisnis, dan lain sebagainya.
Jika bisnis Anda tergolong UMKM yang sedang terkendala waktu dan sumber daya, maka Performance Max jadi solusi tepat untuk ads and campaign management. Walau begitu, bagi perusahaan berskala lebih besar mungkin akan terbatasi dengan sistem otomatisasi Performance Max sebab urgensi kebutuhan customization semakin menguat.
Akan tetapi, one thing for sure, Performance Max hanya akan cocok bagi bisnis apapun yang telah memiliki tujuan iklan secara spesifik sebab kampanye ini memang berorientasi pada goals.
Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan Performance Max dalam strategi digital ads bisnis? Jika Anda menginginkan hal serba praktis untuk iklan, maka fitur ini akan menjadi solusi dan game changer dalam bisnis Anda.
Jangan khawatir soal strategi, EON Creative Digital siap bantu digital ads Anda agar tepat sasaran dan benar-benar membidik tujuan utama bisnis. Apakah Anda siap meroket bersama kami? Jangan ragu, hubungi kontak kami sekarang!