Mendapatkan banyak views dan engagement di media sosial mungkin saja sudah biasa sekarang ini. Namun, untuk mendapatkan hasil yang konsisten di setiap konten social media tentu bukan hal yang mudah, bukan? Ya, tetapi Netflix bisa melakukannya.
Sebagai video on demand streaming, Netflix mempromosikan berbagai film atau series mereka melalui konten-konten unik yang sukses curi perhatian warganet. Tidak jarang Netflix menggunakan strategi kreatif ataupun trik yang sensasional sehingga audiens di media sosial secara sukarela ikut serta dalam diskusi konten mereka. Cara ini sering kali disebut dengan strategi konten gimmick.
Lantas, apakah Anda tidak penasaran seperti apa saja gaya gimmick Netflix yang unik, ciamik, dan impactful terhadap online presence brand? Mari simak pemaparan menariknya di bawah ini.
Gaya Konten Gimmick Netflix yang Bisa Jadi Inspirasi
-1750377988.jpg)
Sudah menjadi rahasia umum lagi bahwa kunci kesuksesan optimalisasi audiens dan engagement Netflix di media sosial adalah melalui strategi gimmick. Namun, strategi konten social media Netflix memiliki pendekatan berbeda, bukan menggunakan gimmick murahan, tetapi memakai cara yang cerdas, relevan, dan menghibur.
Berikut adalah beberapa gaya konten gimmick Netflix yang bisa jadi ide buat brand Anda:
1. Pakai Cuplikan Lucu dan Memeable yang Relate dengan Audiens
Pertama, Netflix memanfaatkan cuplikan film atau series yang dirasa memiliki adegan atau script yang relatable dengan kehidupan audiens sehari-hari. Cuplikan ini dibuat dengan format meme sehingga tidak jarang mengundang tawa dari warganet.
Ketika audiens merasa bahwa apa yang mereka lihat mencerminkan pengalaman pribadi atau situasi yang pernah mereka alami, maka akan timbul rasa kedekatan emosional. Efek psikologis ini membuat audiens merasa brand benar-benar ‘mengerti mereka’, bukan hanya sekadar menjual produk atau promosi film.
2. Copywriting yang Ciamik, Singkat Tapi Nendang
Kedua, Netflix bisa dibilang sangat jarang untuk over-explain konten social media mereka. Judul, copy text, caption, bahkan reply di kolom komentar mereka sangat singkat, punchy, dan sering kali lucu.
Netflix seakan menyadari satu hal penting di dunia digital ini bahwa perhatian audiens sangatlah mahal. Oleh sebab itu, setiap kata atau tulisan konten mereka harus bermakna, menghibur, dan menarik.
Tidak jarang Netflix juga menggunakan kata-kata gaul atau istilah populer di kalangan Gen Z dan millennial. Apa tujuannya? Tentu saja untuk lebih dekat dengan audiens.
3. Visual & Format yang Tidak Biasa: Berani Main Layout, Filter, dan Typo
Netflix tidak takut bereksperimen memainkan tampilan visual yang out of the box seperti layouting, pemakaian filter, atau bahkan typo tulisan yang terkesan disengaja.
Hal ini dilakukan untuk membentuk gaya komunikasi konten Netflix yang unik dan jenaka. Gaya visual konten yang tidak biasa dari brand video streaming ini sering kali justru membuat audiens berhenti sejenak dan tertarik untuk berinteraksi.
4. Interaksi Ala Teman Sebaya: Ngobrol, Bukan Jualan
Gimmick Netflix selanjutnya adalah cara interaksinya yang begitu khas layaknya teman audiens melalui konten social media. Itu artinya, Netflix benar-benar mengenali siapa yang menjadi audiens mereka dan bagaimana cara menyesuaikan gaya komunikasi.
Beberapa komentar balasan dari admin Netflix sering terasa seperti percakapan atau ngobrol santai dengan memakai bahasa gaul, meme, dan kadang terselip self-deprecating humor. Inilah yang menciptakan hubungan antara Netflix dan audiens terasa dekat.
5. Gimmick Promosi Film atau Series Bareng Influencer
Last but not least, Netflix juga gencar melakukan promosi film atau series dengan menerapkan gimmick tertentu bersama influencer. Seperti misalnya promosi series Squid Game populer asal Korea.
Netflix mengajak beberapa influencer terkenal di media sosial untuk memperagakan permainan seolah seperti mengikuti Squid Game versi dunia nyata. Strategi ini tentu saja unik sebab mampu menciptakan hype tersendiri dan mengundang rasa penasaran audiens terhadap series tersebut.
Belajar dari Netflix Tentang Konten Social Media

Dari penjelasan di atas, apa yang bisa dipelajari dari konten-konten Netflix dengan segala gaya gimmick yang ada?
Di balik kesuksesan social media management, Netflix selalu mengedepankan poin berikut:
- Engaging: Setiap kontennya mengundang reaksi, entah itu tawa, komentar, atau share.
- Up to Date: Selalu relevan dengan tren, momen viral, dan topik hangat.
- Relatable: Mengangkat hal-hal yang dekat dengan keseharian audiens.
- Konsisten: Tone dan gaya visual yang hadir dengan ciri khasnya.
Intinya, Netflix tidak hanya memproduksi konten social media biasa, tetapi membangun hubungan emosional dengan audiens lewat pendekatan gimmick yang cerdas dan menyenangkan.
Apakah Anda juga menginginkan konten social media yang selalu menarik, unik, dan konsisten seperti Netflix? Tim EON Creative Digital siap bantu kelola dan kembangkan social media Anda dengan strategi yang kreatif dan relevan. Mulai dari ide konten, desain visual, hingga copywriting, semua akan kami bantu agar Anda bisa mengerjakan core business dengan tenang.