Mengintip Strategi Branding Unik Girl Band No Na yang Mendunia

Belakangan ini dunia hiburan tanah air hebohkan dengan keberadaan girl band asal Indonesia yang berhasil mencuri perhatian hingga kancah internasional. Siapa lagi kalau bukan No Na. Beranggotakan 4 perempuan yaitu Baila, Christy, Esther, dan Shafza, girl group ini hadir dengan konsep branding menarik dengan kombinasi sentuhan lokal dan modern. 

Bersama label musik terkenal 88rising, No Na telah berhasil menarik perhatian publik saat debut dengan lagu pertamanya ‘Shoot. Music video ‘Shoot’ memperlihatkan betapa alam Indonesia begitu menawan, berpadu dengan gaya visual, dan musikalitas pop-R&B yang kekinian. Dari busana, koreografi, hingga lokasi syuting, semuanya terasa autentik, seolah ingin menegaskan jati diri mereka sebagai representasi perempuan Indonesia yang siap bersaing di level global.

Lalu, apa sebenarnya strategi branding di balik kiprah No Na sebagai girl band Indonesia yang ingin mendunia?

Strategi Branding Unik Girl Band No Na Asal Indonesia yang Go International

Strategi Branding Unik Girl Band No Na Asal Indonesia yang Go International

Keberhasilan debut No Na di panggung internasional tentu bukan hanya kebetulan semata. Semua itu berkat kerja keras pembentukan identitas yang dipikirkan secara matang. Berikut adalah beberapa poin menarik dari pembentukan citra No Na sebagai girl group perempuan Indonesia:

a. Pemilihan Nama No Na: Representasi Identitas Wanita Indonesia

Salah satu elemen penting dalam membangun identitas sebuah brand adalah nama. Bagi girl group No Na, nama seakan menjadi fondasi utama dalam memperkenalkan siapa mereka dan dari mana mereka berasal.

‘No Na’ terdengar sederhana dan lembut di telinga, namun menyimpan makna luar biasa. Nama ini terinspirasi dari kata ‘Nona’ sapaan khas untuk wanita Indonesia. Hal ini senada dengan tujuan No Na untuk membawa simbol feminitas dan budaya lokal dalam bentuk yang modern. 

Lebih menarik lagi, setiap anggota grup pun memiliki nama panggung yang diawali dengan kata ‘Nona’. Ini menjadi langkah unik untuk menonjolkan identitas girl group  yang merepresentasikan perempuan Indonesia. 

b. Membawa Elemen Budaya dan Identitas Lokal pada Musik

Strategi branding menarik dari No Na selanjutnya adalah mengusung elemen keindahan alam Indonesia serta identitas budaya lokal ke dalam musik modern. Tentu saja ini adalah ide yang dihasilkan dari proses pemikiran luar biasa. 

Seperti dalam MV ‘Shoot’, tampilan visualnya terkesan begitu memikat dengan menyuguhkan beberapa pemandangan sawah, pantai, air terjun, dan lain sebagainya. Tidak berhenti hanya menunjukkan keindahan alam, unsur budaya lokal seperti kain tradisional dan permainan congklak juga turut membawa nuansa tersendiri pada penampilan No Na.

Bahkan di awal video, terdengar alunan instrumen gamelan Bali seakan memperkuat nuansa etnik. No Na tampil dengan kesan magis seolah sedang membawa makna pesona dan jati diri lokal karya perempuan Indonesia. 

c. Profil Member yang Kuat

Setiap anggota No Na memiliki persona yang kuat dengan latar belakang unik masing-masing. Ada yang memulai menunjukkan kepiawaian dengan ikut ajang pencariaan bakat hingga menjadi penari profesional, setiap member No Na memiliki cerita perjalanannya unik yang tentu saja menginspirasi. 

d. International Partnership

Bergabung dengan 88rising tentu saja menjadi langkah besar yang membuka pintu global bagi No Na. Label yang dikenal sebagai jembatan antara Asia dan dunia ini memberikan akses ke ekosistem musik internasional yang lebih luas. 

Di sisi lain, kerjasama internasional juga dilakukan No Na untuk mendongkrak penampilan dan popularitas mereka dengan menggandeng koreografer dan produser yang sudah go international

Itulah beberapa strategi branding No Na sebagai representasi girl group power asal Indonesia. Mulai dari pemilihan nama hingga international partnership, No Na seakan ingin menunjukkan pada dunia bahwa mereka adalah wajah baru Indonesia di industri musik global yang penuh pesona, berkarakter, dan membawa identitas budaya yang tidak bisa diabaikan.

Membangun identitas brand yang unik sejatinya adalah investasi untuk bersaing di industri, tidak terkecuali pada bisnis. Oleh sebab itu, EON Creative Digital selalu mengupayakan klien kami untuk menunjukkan jati diri dengan strategis demi memenangkan persepsi audiens masa kini. Apakah Anda ingin menjadi salah satunya?

Explide
Drag