Beberapa waktu lalu dunia maya dihebohkan dengan gembar-gembor pernikahan aktris cantik Luna Maya bersama tambatan hatinya, Maxime Bouttier. Salah satu yang jadi sorotannya adalah wedding souvenir berupa mesin kopi dengan merk NOD seharga hampir 3 juta rupiah. Tentu luar biasa, bukan?
Namun, yang menjadi menariknya adalah ternyata brand mesin kopi ini menggelontorkan dana milyaran untuk jadi sponsor souvenir pernikahan Luna Maya. Lantas, apakah upaya branding dan marketing dari mesin kopi NOD ini worth it dilakukan? Apakah mereka tidak akan mengalami kerugian? Mengingat ada sekitar 800 undangan di wedding Luna Maya.
Ikuti diskusi menarik selengkapnya di bawah ini!
Wedding Souvenir sebagai Strategi Brand Activation yang Out of The Box
Jadi, jika ditinjau dari perspektif branding, langkah yang dilakukan brand mesin kopi NOD ini merupakan bentuk strategi brand activation untuk mendorong peningkatan brand awareness. Biasanya, brand melakukan aktivasi melalui partisipasi dalam event publik, kampanye besar, atau kolaborasi dengan komunitas tertentu untuk memperkuat visibilitas mereka.
Namun, alih-alih memilih jalur konvensional, mesin kopi NOD justru menghadirkan pendekatan yang berbeda yaitu dengan mendukung momen personal selebritas. Keputusan menjadi souvenir pernikahan Luna Maya dan Maxime Bouttier sebagai medium aktivasi menjadikan strategi ini terasa berbeda tidak seperti biasa atau out of the box.
Kehadiran mesin kopi NOD di momen pernikahan high-profile otomatis memposisikan brand ini sebagai bagian dari gaya hidup modern. Lebih dari sekadar hadiah, produk tersebut menjadi pengalaman nyata yang melekat di benak para tamu undangan.
Ini Perkiraan Hasil yang Didapat dari Brand Activation Endorse Souvenir Pernikahan Luna Maya
-1755911417.jpg)
Lalu, apakah effort branding dari mesin kopi NOD dengan menggelontorkan banyak dana cukup worth it? Berikut adalah beberapa perkiraan hasil atau keuntungan yang didapat NOD dari melakukan endorsement pada pernikahan Luna Maya.
a. Dapet Exposure Tinggi dari Video Konten Unboxing Tamu Artis
Yang menjadikan souvenir wedding Luna Maya viral adalah banyak video konten unboxing dari beberapa tamu undangan yang ramai di media sosial. Seperti yang diketahui, sebagian besar tamu pernikahan Luna Maya adalah artis atau publik figur yang memiliki basis audiens yang besar di social media.
Ketika tamu undangan mengunggah video unboxing souvenir mesin kopi ini di akun mereka, brand NOD tentu saja akan mendapatkan jutaan audiens tanpa mengeluarkan biaya untuk kontrak endorsement personal. Dengan kata lain, tamu undangan kalangan artis di pernikahan Luna menjadi unpaid influencer bagi brand NOD.
Bayangkan dengan satu kali mendayung, NOD telah melampaui satu dua pulau sekaligus.
b. Liputan Media Gratis, Product Mesin Kopi Jadi Sorotan
Lagi-lagi hadir di momen spesial artis besar dan mendapatkan sorotan dari banyak tamu dari kalangan selebriti, souvenir unik berupa mesin kopi yang tidak biasa ini akan memancing rasa penasaran publik.
Hal ini tentu saja akan menjadi angle seksi media online, portal hiburan, atau akun gosip di media sosial. Semua media meliput kenang-kenangan mewah ini dan nama brand NOD pun ikut terseret.
Dengan begitu, mesin kopi ini mendapatkan earned media coverage yang mungkin saja nilainya bisa lebih besar dari iklan berbayar. Liputan media gratis ini pada akhirnya tidak hanya sekadar mendapatkan eksposur semata, tetapi juga tentang bagaimana publik mulai memandang identitas brand NOD.
NOD tidak hanya akan mampu mendongkrak peningkatan brand awareness saja, tetapi juga memperkuat strategi branding mereka.
c. Viral di Media Sosial, Brand Ikut Masuk Percakapan Publik
Pernikahan Luna Maya dan Maxime Bouttier saja memang sudah menjadi diskusi hangat warganet di media sosial. Kehadiran souvenir mewah nan unik berupa mesin kopi pun semakin memperkaya topik pembicaraan warganet.
Tanpa perlu strategi komunikasi berbayar, brand NOD berhasil menyusup ke dalam percakapan publik secara organik. Berawal dari liputan media dan unggahan tamu undangan, isu ini pun berkembang menjadi viralitas yang meluas.
d. Social Proof dari Event High-Profile
Ketika Luna Maya, seorang aktris papan atas, memilih NOD untuk hadir dalam momen penting hidupnya, hal itu otomatis menjadi dorongan kuat bagi branding NOD.
Dijadikan souvenir dalam sebuah acara yang begitu eksklusif otomatis menempatkan brand pada level prestise tertentu. Hal ini menjadi bentuk social proof bahwa mesin kopi NOD dianggap layak sebagai pendukung gaya hidup minum kopi dari kalangan selebriti seperti Luna Maya.
Brand activation ini juga meninggalkan kesan emosional yang kuat. Produk NOD bukan sekadar hadiah, tetapi menjadi bagian dari cerita pernikahan dua selebritas besar. Efeknya, brand ikut tercatat dalam memori publik sebagai bagian dari momen bersejarah tersebut.
e. Efek Domino dalam Memperkuat Brand Credibility
Dari dampak exposure tamu artis hingga social proof, semua ini pada akhirnya memberikan efek domino yang mampu meningkatkan kredibilitas NOD. Tidak hanya dikenal sebagai mesin kopi biasa, NOD dianggap publik menjadi brand yang berani dan memiliki nilai tersendiri sebab mampu hadir dalam momen besar.
Jadi, menurut Anda, apakah upaya brand activation dari mesin kopi NOD ini worth it dengan ikutan jadi sponsor pernikahan artis besar seperti Luna Maya?
Dalam dunia branding, tidak ada istilah rugi ketika investasi besar mampu menghasilkan dampak yang luar biasa bagi reputasi bahkan berkontribusi pada penjualan produk brand. Yang terpenting adalah bagaimana strategi tersebut dieksekusi dengan tepat sasaran dan sesuai tujuan yang telah ditetapkan.
Agar strategi branding Anda tetap on point, jangan ragu untuk meminta bantuan pada EON Creative Digital. Mulai dari pembuatan aset brand digital hingga eksekusi kampanye, kami siap menghadirkan strategi relevan dan memberi dampak pada bisnis Anda.