Bayangkan ada seseorang yang sedang membutuhkan produk atau jasa seperti bisnis Anda di lokasi terdekat. Akan tetapi, orang itu tidak menemukan tempat Anda. Tentu akan disayangkan, bukan? Itu tandanya search engine optimization (SEO) lokal perlu diterapkan.
Beberapa bisnis seperti restoran, klinik, servis reparasi, atau layanan tertentu sering kali memang menargetkan warga lokal atau audiens yang dekat dengan lokasi bisnis. Oleh sebab itu, visibilitas bisnis Anda di hasil pencarian lokal bukan lagi sekadar opsi, melainkan sebuah keharusan. Lantas, bagaimana cara menerapkan strategi local SEO untuk menarik pelanggan sekitar?
Apa itu Local SEO?
-1745465629.jpg)
Sebelum memahami cara mengoptimalkan local SEO, mari menyamakan perspektif terlebih dahulu terkait konsep tersebut.
Sederhananya, local SEO akan membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang berada di sekitar Anda, saat mereka melakukan penelusuran di Google Maps atau mesin pencari lainnya.
Lalu, mengapa strategi search engine optimization ini harus benar-benar Anda terapkan?
Begini, bayangkan saat Anda membutuhkan perawatan rambut di daerah tertentu yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anda tentu akan mencoba mencarinya melalui search engine seperti Google, bukan?
Mungkin saja Anda akan berusaha menemukannya dengan mengetikkan kata kunci ‘salon rambut Garut’ di ponsel kesayangan. Maka, Anda akan menemukan profil beberapa salon terdekat.
Inilah yang pada akhirnya membuat calon pelanggan menemukan bisnis Anda sehingga dapat mendorong terjadinya penjualan.
Mesin pencari seperti Google bahkan menampilkan jutaan pencarian lokal setiap bulannya. Ketika bisnis Anda berada di top rank hasil pencarian lokal, maka itu artinya kesempatan memperoleh pelanggan baru semakin lebar.
Bagaimana Local SEO Bekerja?
Apakah Anda penasaran dengan cara kerja search engine optimization berbasis lokal?
Jadi, ketika Google menentukan urutan ranking di laman pencari seperti Google Maps, mereka menggunakan pertimbangan tigal hal berikut:
- Relevansi: apakah bisnis Anda menawarkan layanan atau produk yang benar-benar dicari oleh masyarakat?
- Jarak: berapa jarak antara lokasi bisnis dengan orang atau pencari? Akankah masih bisa ditempuh?
- Keunggulan: seberapa dikenal bisnis Anda, termasuk jumlah ulasan dan reputasinya secara online?
Dengan begitu, bisnis Anda akan berada di top rank hasil pencarian lokal. Berkat strategi ini, Google akan memberikan informasi lokasi dan apa yang bisnis Anda tawarkan kepada si pencari.
Cara Mengoptimalkan Local SEO

Tertarik dengan strategi SEO lokal? Tenang, Anda bisa melakukan berbagai cara seperti berikut:
1. Memaksimalkan Google Business Profile
Apakah Anda sudah memiliki profil Google Business yang lengkap? Jika Anda belum membuat profil, silakan daftarkan usaha Anda melalui Google Business.
Pastikan semua informasi sudah benar seperti nama bisnis, alamat lengkap, kategori bisnis, nomor kontak, situs web, dan lain sebagainya. Semakin lengkap informasi Anda, semakin Google mudah mengenali bisnis Anda di pencarian lokal.
2. Mencari Keyword Lokal yang Sesuai
Strategi search engine optimization yang dilarang dilewatkan adalah menemukan kata kunci lokal yang relevan.
Anda bisa mengidentifikasi keyword yang sesuai dengan letak geografis bisnis. Misalnya, Anda memiliki bengkel modifikasi mobil di daerah Jakarta Barat.
Anda bisa mempertimbangkan hal berikut:
- Menemukan keyword yang sekiranya memiliki hubungan dengan layanan;
- Mengobservasi kompetitor untuk mengetahui kata kunci yang mereka gunakan.
Di sisi lain, untuk menemukan kata kunci lokal yang tepat, Anda juga bisa menggunakan alat seperti Ahrefs, fitur Google Autocomplete, Semrush, dan masih banyak lagi.
3. Memperoleh Review atau Testimoni dari Pelanggan
Seperti yang sudah dipaparkan, Google akan menilai reputasi online dan kredibilitas untuk menentukan kemunculan bisnis Anda di hasil mesin pencarian.
Testimoni dan review positif pelanggan tidak hanya membuat Google semakin percaya dengan Anda, tetapi juga menjadi validasi tentang keunggulan dan expertise Anda.
Bingung untuk mendapatkan ulasan?
Tenang, Anda bisa memberikan penawaran kupon menarik bagi yang memberikan review bisnis. Anda juga bisa mengunakan poster berisikan QR code agar pelanggan mudah mengaksesnya.
4. Mengoptimalkan Backlink
Anda juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis melalui optimasi backlink. Anda bisa menjalin kolaborasi dengan media lokal atau bloger setempat untuk menyertakan tautan bisnis Anda pada konten mereka.
Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin mudah dikenal dan memiliki reputasi yang baik
Jadi, sudahkan Anda menjangkau pelanggan di sekitar Anda dengan memakai strategi search engine optimization lokal? Ingatlah, local SEO bukan hanya soal trik cepat meningkatkan trafik, tetapi tentang membangun reputasi digital yang konsisten.
Ingin bisnis Anda jadi pilihan utama di wilayah sekitar? Anda bisa berkolaborasi dengan para ahli dari EON Creative Digital untuk menyusun strategi ciamik demi menargetkan pelanggan lokal melalui search engine optimization service.