Mengapa Geo-Targeting Penting untuk Digital Ads Bisnis F&B?

Bayangkan ketika siang hari yang terik Anda merasa lapar dan akhirnya membuka ponsel menemukan iklan spesial promo di restoran yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari lokasi Anda. Tentu menggiurkan, bukan? Itulah mengapa geo-targeting menjadi esensial dalam strategi digital ads bisnis F&B. 

Saat industri makanan dan minuman semakin kompetitif, sebagai pebisnis Anda wajib memutar otak lebih ekstra untuk bisa menjangkau audiens dengan lebih cepat dan efektif. Maka dari itu, penargetan secara geografis ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Artikel ini akan mengupas mengapa penargetal lokal ini menjadi esensial yang bukan hanya sekedar opsi, melainkan strategi kampanye digital Anda agar tepat sasaran. 

Apa itu Geo-Targeting dalam Digital Ads?

Apa itu Geo-Targeting dalam Digital Ads?

Sederhananya, geo-targeting adalah strategi dimana Anda menargetkan pelanggan tertentu secara spesifik berdasarkan wilayah. Wilayah geografis ini bisa berupa kota, provinsi, negara, atau bahkan kode pos tertentu. 

Strategi periklanan ini akan memberikan Anda kesempatan untuk menampilkan iklan melalui data wilayah tertentu. Jadi, misalnya Anda ingin mempromosikan kedai makanan Anda hanya di wilayah kota X saja, maka geo-targeting hanya akan menyuguhkan iklan Anda untuk audiens yang benar-benar ada di kota X. 

Anda dengan mudah mengecualikan kota selain X sehingga iklan Anda bisa berpeluang mendapatkan respons dan keterlibatan yang tinggi. Tentu cukup efektif, bukan?

Cara Kerja Geo-Targeting Ads

Apakah Anda penasaran cara kerja penargetan geografis ini dalam sebuah digital ads? 

Awal mula targeting berasal dari menganalisis wilayah target pasar. Umumnya Anda bisa memanfaatkan GPS atau sinyal dari menara seluler. Kemudian, aplikasi atau sistem informasi akan membaca sinyal tersebut sehingga iklan digital hanya akan muncul pada pengguna yang menduduki lokasi tertentu. 

Mengapa Geo-Targeting Relevan untuk Bisnis F&B?

Mengapa Geo-Targeting Relevan untuk Bisnis F&B?

Jika Anda masih bertanya-tanya tentang urgensi penerapan penargetan lokal pada digital ads, maka setidaknya ketahui beberapa alasan di bawah ini. 

1. Konsumen F&B Cenderung Lokal & Spontan

Berbeda dengan industri pada umumnya, konsumen bisnis food and beverage akan membuat keputusan pembelian secara cepat. Misalnya saja, Anda merasa lapar saat harus melakukan perjalanan jauh. Anda tentu akan mencari tempat makan terdekat jangkauan. 

Oleh sebab itu, geo-targeting akan membantu bisnis Anda muncul tepat waktu saat konsumen membutuhkan. 

2. Efisiensi Budget Iklan

Saat Anda tidak menargetkan audiens secara spesifik, iklan bisnis akan menjangkau target pasar secara luas. Pada akhirnya, orang yang jauh dari jangkauan geografis Anda akan terpapar iklan. Meskipun produk makanan dan minuman yang ditawarkan menarik, apa gunanya jika mereka tidak bisa datang langsung ke restoran Anda?

Dengan menyaring audiens secara spesifik berdasarkan lokasi, Anda bisa meminimalisir pengeluaran biaya iklan digital. Hal ini membantu meningkatkan peluang agar iklan Anda dilihat oleh calon pelanggan yang memang berpotensi datang atau melakukan pemesanan.

3. Meningkatkan Trafik Order Delivery

Alasan ini mungkin jarang terlintas di pikiran banyak orang bahwa strategi geo-targeting juga dapat berkontribusi pada peningkatan trafik layanan order delivery. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Saat warga lokal mengenal lokasi produk F&B Anda, mereka tidak akan segan untuk memesannya melalui layanan antar. Anda bisa menargetkan area-area potensi tinggi seperti kawasan perguruan tinggi, perumahan, apartemen, perkantoran, dan lain sebagainya. 

4. Iklan Berbasis Data Relevan

Saat Anda memperoleh data audiens berdasarkan wilayah, Anda bisa mempersonalisasi iklan sesuai dengan target pasar. Misalnya, Anda menampilkan menu khusus untuk wilayah tertentu, promo berbasis cuaca, atau penawaran spesial saat ada event lokal. 

Hal ini akan membuat iklan digital Anda terkesan personal sehingga berpotensi mendapatkan keterlibatan atau dampak yang lebih positif.

Jadi, akankah Anda masih ragu untuk menggunakan strategi geo-targeting pada digital ads? Percayalah, ada kalanya Anda perlu menemukan cara yang berbeda dari biasanya untuk membidik konsumen lokal. Mengapa demikian? Bagi pebisnis F&B, konsumen lokal bagaikan sebongkah berlian yang menjadi aset keberlangsungan usaha kedepannya. 

Ingin membuat kampanye iklan untuk bisnis F&B dengan geo-targeting? Anda bisa berkolaborasi dengan EON Creative Digital. Tim kami akan membantu Anda mempersiapkan ide-ide kreatif untuk menyasar warga lokal dengan iklan ciamik. Sudahkah Anda siap?

Explide
Drag