Fore Coffee Sukses IPO! Intip Rahasia Branding di Baliknya

Siapa sangka, brand kopi lokal yang dulu dikenal lewat aplikasi pemesanan online, kini telah resmi melantai di bursa. Fore Coffee telah menorehkan kesuksesan dengan IPO mencuri perhatian publik. 

Di hari pertamanya, saham brand kopi populer ini bahkan melonjak hingga zona hijau. Lantas, apa yang membuat startup Fore Coffe ini diminati oleh para investor? Selain memiliki sistem tata kelola bisnis yang solid dan profitable, Fore memang memiliki branding yang gemilang. 

Fore tidak hanya menyuguhkan kopi sebagai produk utamanya, tetapi juga memberikan pengalaman lokal dan budaya baru dengan pendekatan modern. Yuk, mari kupas tuntas strategi penjenamaan brand kopi satu ini di balik kesuksesannya!

Rahasia Branding Fore Coffee yang Sukses Capai Ekspansi Bisnis

Rahasia Branding Fore Coffee yang Sukses Capai Ekspansi Bisnis

Untuk menjadi startup profitable, ini tentu bukan hasil yang instan. Strategi branding menjadi salah satu kunci kesuksesan Fore Coffee yang bertransformasi menjadi bisnis yang solid dan diminati pasar. Berikut adalah rahasia strategi brand Fore yang membuatnya berhasil melakukan ekspansi bisnisnya: 

1. Memiliki Brand Value yang Kuat & Autentik

Di era sekarang, konsumen semakin melek tentang pentingnya nilai dan makna di balik produk brand. Bahkan, tidak sedikit konsumen saat ini rela mengeluarkan banyak uangnya untuk mendapatkan value yang dimiliki suatu produk. 

Hal ini menandakan bahwa brand value yang kuat dan unik menjadi jawaban atas tantangan persaingan bisnis yang semakin kompetitif. 

Jika mengamati praktik branding yang dilakukan oleh Fore Coffee di berbagai kanal komunikasinya, startup kopi satu ini tidak hanya menyuguhkan secangkir kopi saja, melainkan menawarkan nilai dan identitas kuat. 

Sejak Fore berdiri, startup ini telah berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman menikmati kopi yang sifatnya sangat personal, berkualitas tinggi, namun tetap ramah di kantong. Brand kopi ini seolah memposisikan dirinya sebagai representasi generasi urban yang dinamis dan mengutamakan kualitas. 

Nilai-nilai dan identitas ini juga tercermin dari tagline yang diusung oleh Fore yaitu ‘Grid The Essentials’. Melalui filosofi ini, Fore tidak hanya menjual produk, tetapi juga pengalaman yang mengajak konsumennya untuk berhenti sejenak, mengambil napas, dan kembali menyadari apa yang benar-benar penting dalam hidup.

Kopi Fore menjadi sweet reminder bahwa Anda perlu enjoy dan mindful di dunia yang serba hustle ini. 

2. Menciptakan Brand Story Melalui Signature Kopi

Fore Coffee begitu cerdik menciptakan narasi brand di balik setiap produk kopinya. Dengan kata lain, segelas kopi bisa menjadi medium storytelling

Menu Fore Signature seperti Iced Butterscotch Sea Salt Latte dan Iced Kopi Dari Tani bukan hanya menawarkan rasa kopi yang unik, tetapi menceritakan budaya lokal dengan pendekatan modern serta canggih. 

Dengan kata lain, signature drinks ini menjadi talking point yang memicu rasa penasaran konsumen dan mendorong word of month hingga viral marketing di media sosial. 

Diferensiasi yang dilakukan oleh Fore menekankan bukan hanya soal rasa, tetapi ada pengalaman dan cerita di baliknya yang memperkuat nuansa emotional attachment penikmatnya. 

Hal ini cukup relevan dengan tren saat ini dimana minum kopi menjadi bagian dari budaya dan gaya hidup Gen Z sehari-hari. Bagi mereka, kopi bukanlah minuman biasa, tetapi memiliki makna simbolisme identitas dan ekspresi diri. 

3. Desain Kafe Ikonik

Tidak hanya aspek intangible seperti nilai-nilai brand, aspek tangible seperti visualisasi kafe yang ikonik juga menjadi rahasia branding Fore Coffee. 

Fore seakan memberikan tempat ternyaman bagi para pecinta kopi dengan elemen desain kafe minimalis, modern, estetik, dan instagrammable. Ini tentunya bermanfaat untuk membangun brand experience yang autentik sesuai dengan ekspektasi konsumen masa kini. 

Konsistensi ikon Fore Coffe tidak hanya memperkuat identitas visual, tetapi membuatnya lebih mudah dikenali di berbagai lokasi. 

4. Komitmen Terhadap Inovasi dan Keberlanjutan

Kunci sukses Fore Coffee adalah komitmennya untuk terus berinovasi produk dengan proses R&D. Tidak hanya itu, brand kopi ini juga berfokus pada keberlanjutan. 

Mulai dari penggunaan bahan lokal, kemasan yang environmentally friendly, hingga pemanfaatan teknologi canggih, semua ini diarahkan untuk memberi dampak secara sosial. 

Inovasi dan keberlanjutan menjadi pilar esensial dalam praktik branding masa kini. Fore menjadikan hal tersebut sebagai diferensiasi sekaligus komitmennya terhadap kepedulian lingkungan. 

5. Kolaborasi yang Out of the Box dan Selalu Relevan

Di era bisnis yang kompetitif, kolaborasi justru menjadi titik balik kesuksesan. Prinsip ini yang nampaknya juga dijunjung oleh brand Fore. 

Brand kopi ini sering bekerja sama dengan para creator, influencer, artis, komunitas tertentu, hingga brand-brand lain. Setiap kolaborasi dijalin bukan hanya untuk popularitas produk, tetapi justru memperkuat nilai dan positioning brand Fore. 

Kolaborasi yang dijalin oleh Fore juga menjadi bentuk adaptasi terhadap dinamika tren konsumen. 

Lalu, apa yang bisa Anda pelajari kesuksesan branding Fore Coffee? Brand value yang kuat, brand story yang autentik, konsistensi elemen brand, hingga kolaborasi strategis bisa menjadi inspirasi untuk Anda mengembangkan brand

Meski demikian, branding bukanlah hasil dari proses yang instan. Melainkan konsistensi dan dedikasi tingkat tinggi dari Anda dan tim. Jangan khawatir, saat ini Anda bisa meminta bantuan dari EON Creative Digital untuk berproses bersama demi mewujudkan brand impian. 

Explide
Drag