Web Perusahaan Konglomerat Terlihat Jadul? Pelajari Masterclass Desain dari Berkshire Hathaway

Siapa yang sangka, perusahaan kaya level dunia seperti Berkshire Hathaway ternyata memiliki tampilan situs yang terlihat jadul. Namun, dibalik kepolosan dan kesederhanaan situs perusahaan milik Warren Buffet ini, ada pembelajaran penting untuk website development

Berkshire Hathaway adalah holding bisnis yang menaungi banyak anak perusahaan di berbagai sektor seperti retail, transportasi, asuransi, manufaktor, bahkan memiliki investasi di sejumlah brand terkenal seperti Coca-cola dan Apple. Sudahkah Anda membayangkan betapa kayanya perusahaan itu?

Meski demikian, kesederhanaan web Berkshire Hathaway justru sering kali menjadi diskusi menarik oleh para designer bahkan dijuluki sebagai masterclass design. Lalu, apa yang bisa Anda pelajari dari situs perusahaan konglomerat ini? 

Pelajaran di Balik Tampilan 'Jadul' Situs Berkshire Hathaway

Pelajaran di Balik Tampilan 'Jadul' Situs Berkshire Hathaway

Desain situs pada dasarnya memang menjadi elemen penting dalam website development. Tidak sedikit designer berbondong-bondong berkreasi dengan interaktif untuk menciptakan tampilan yang memukau dan terkini. 

Namun, saat melihat situs Berkshire Hathaway, rasanya seperti berselancar pada website tahun 80-an dengan font dan URL yang tampak ketinggalan jaman. Meskipun kritik ini terlihat benar, faktanya perusahaan ini telah melakukan hal yang sudah seharusnya untuk audiens mereka. 

Berikut adalah poin penting yang bisa Anda pelajari dari situs perusahaan konglomerat dunia:

Berkshire Hathaway Really Know Who They Are

Bisa dikatakan bahwa, Berkshire Hathaway telah memahami dengan baik siapa diri mereka dan untuk siapa mereka bekerja. Jika ditinjau dari segi desain sederhananya, ini sebenarnya mencerminkan filosofi bisnis Warren Buffet. 

Tampilan minimalis dengan latar putih polos, deretan tautan teks, serta informasi penting lainnya, web ini benar-benar menggambarkan prinsip sosok Warren Buffet. Ia memiliki prinsip untuk menjunjung tinggi nilai rendah hati, kesederhanaan, efisiensi, dan jauh dari kata kemewahan. 

Kesederhanaan ini justru menjadi nilai krusial yang bukan hanya sekadar gaya, melainkan bentuk dari kesadaran diri yang kuat. Berkshire Hathaway memahami diri mereka sendiri tanpa perlu meyakinkan siapapun dengan tampilan mencolok. 

Ingat, perusahaan sekelas Berkshire Hathaway tidak perlu situs dengan desain luar biasa untuk memperlihatkan kekuasaan dan kekuatan bisnisnya. 

Focus on What is a Priority: Human-Centered Design sebagai Fokus Utama

Mungkin saja Anda bertanya-tanya, apakah website Berkshire Hathaway adalah situs yang sempurna? Tentu saja tidak. Walaupun begitu, prinsip utama dari situs ini adalah human centered design yang menitikberatkan pada kebutuhan pengguna. 

Meski tidak mengikuti standar desain tren terkini, situs Berkshire Hathaway sangatlah user friendly. Mengapa?

  • Navigasinya jelas;
  • Minim gangguan dan web bisa langsung dimuat dengan cepat;
  • Bisa dibaca melalui berbagai perangkat. 

Hal ini tentu menjadi fokus utama dari website development yaitu kenyamanan pengguna. Berkshire Hathaway telah memahami siapa audiens mereka mulai dari tujuan, kebutuhan, dan keinginan. Namun, siapakah sebenarnya audiens dari perusahaan konglomerat ini?

Tentu saja bukan masyarakat awam pada umumnya, tetap para pemegang saham yang hanya peduli dengan informasi penting seperti rilis berita, laporan, update kondisi perusahaan, dan lain sebagainya. 

Ketika memulai memahami tujuan ini, desain website Berkshire Hathaway terlihat masuk akal, bukan? 

Pemegang saham yang mengakses situs ini cenderung memiliki kebutuhan yang sangat spesifik dan situs dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara langsung serta tanpa hambatan. Desainnya lugas, tidak bertele-tele, dan sepenuhnya berorientasi pada tujuan.

Fitur dengan desain menarik bisa jadi justru tidak relevan bagi audiens utama situs ini. Yang mereka inginkan hanyalah cara cepat dan sederhana untuk mendapatkan informasi dan pembaruan terbaru dari Berkshire Hathaway. 

Maka dari itu, website ini tidak hanya sekadar didesain polos begitu saja, tetapi fungsi situs ini benar-benar dipikirkan secara matang agar tepat sasaran. 

Situs Berkshire Hathaway telah mengajarkan satu hal penting bahwa desain web yang efektif adalah desain yang melayani tujuan bisnis dengan baik, bukan hanya sekadar mengikuti tren semata. Lalu, apakah tampilan situs perusahaan konglomerat ini benar-benar usang? Mungkin saja benar. Tapi akankah perusahaan ini benar-benar memahami nilai perusahaan dan penggunanya? Jawabannya jelas saja iya. 

Bagi designer dan developer, desain ini seakan mengingatkan bahwa kadang kala ‘less is more’ bukan hanya slogan kosong, tetapi prinsip desain yang relevan. 

Ingin membuat situs web yang benar-benar sesuai dengan nilai bisnis dan prinsip human-centered design? Anda bisa bekerja sama dengan EON Creative Digital melalui layanan website development. Mulai dari riset hingga maintenance, kami siap jadi partner terbaik dalam membangun ekosistem digital bisnis Anda. 

Explide
Drag