Social media management bisnis bisa dikatakan bukanlah pekerjaan yang mudah. Anda harus memikirkan perencanaan hingga pengelolaan konten secara matang agar tepat sasaran. Namun, ada kalanya mungkin Anda merasa stuck atau kehabisan ide.
Apa yang harus Anda posting? Konten apa saja yang bisa mudah menarik audiens? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu sering kali menghantui Anda. Tapi tenang, dengan formulasi strategi media sosial 70-20-10, Anda tidak perlu harus merasa frustasi dan pusing lagi.
Lantas, bagaimana penerapan formula tersebut? Ikuti penjelasan strategi pengelolaannya di media sosial melalui deskripsi di bawah ini!
Apa itu Aturan 70-20-10 di Media Sosial?

Formula 70-20-10 atau sering disebut dengan 70/20/10 rules dalam social media management adalah strategi pembagian konten yang sering kali digunakan dalam pemasaran digital.
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh marketer adalah mengunggah konten hanya demi posting saja tanpa ada tujuan tertentu. Meski konten cerita yang dibuat secara organik atau terlihat natural sekalipun harus memiliki agenda tertentu dibaliknya.
Dengan kata lain, setiap unggahan memiliki rencana. Di era masifnya konten media sosial, para pengguna akan dengan mudah memutuskan untuk tidak lagi mengikuti akun bisnis Anda.
Oleh sebab itu, menarik dan mempertahankan audiens menjadi tantangan nyata dalam social media management saat ini. Jangan khawatir, Anda bisa mengandalkan formula 70-20-10 dalam mengelola akun media sosial bisnis.
Formula ini pada dasarnya membaginya dalam 3 kategori konten utama. 70% konten Anda akan berfokus pada hal-hal yang bernilai atau valuable content, 20% konten yang sifatnya interaktif, dan 10% sisanya adalah konten promosi bisnis.
Formulasi ini telah disusun untuk memastikan keseimbangan dalam membangun interaksi dan keterlibatan audiens. Beberapa ahli berpendapat bahwa audiens di media sosial tidak hanya mengharapkan akun bisnis sebagai etalase produk, tetapi juga sebagai sumber wawasan berharga.
70-20-10 Rules: Sebuah Rahasia Sukses

Simak penjelasan mengenai aturan 70-20-10 lebih lanjut sebagai sebuah rahasia sukses pengelolaan media sosial berikut ini.
70% Konten Bernilai
Formula pertama, 70% dari keseluruhan konten akun media sosial bisnis Anda harus berorientasi untuk memberikan nilai lebih kepada audiens. Anda perlu membuat konten yang dapat meningkatkan brand awareness tanpa harus terkesan seperti iklan.
Lalu, bagaimana cara? Setidaknya Anda bisa menanyakan dua hal ini pada diri Anda sendiri.
- Apakah unggahan konten Anda menawarkan informasi yang berharga?
- Apakah konten Anda relevan dengan situasi dan kondisi audiens?
Jika dua pertanyaan tersebut sudah terjawab, itu artinya Anda sudah memberikan valuable content pada audiens. Pada dasarnya ada banyak contoh valuable content seperti tips dan trik, konten tutorial, detail informasi produk, podcast pendek, infografis, dan lain sebagainya.
Jadi, apakah Anda masih kebingungan soal social media management bisnis?
20% Konten Interaksi
Formula kedua, 20% konten media sosial harus bersifat interaktif. Salah satu kunci kesuksesan pemasaran digital di platform media sosial adalah keterlibatan bisnis dengan audiens.
Konten ini dibuat khusus untuk menjalin hubungan dengan followers Anda. Interaksi yang dibangun bisa berupa diskusi real time atau aksi berbagi lewat unggahan.
Misalnya, Anda dapat membuat konten berupa jajak pendapat, kuis, pertanyaan, dan lain sebagainya. Kemudian followers Anda akan menjawabnya melalui fitur comment atau hanya sekedar like.
Selain itu, konten interaktif juga bisa dapat bentuk shareable content. Artinya, konten-konten Anda berpotensi dibagikan oleh pengguna ke pengguna lainnya. Umumnya, shareable content memuat informasi yang berharga ataupun memiliki daya tarik tersendiri sehingga mudah dibagikan oleh banyak orang.
10% Konten Promosi
Terakhir, sisa 10% tentu bisa Anda manfaatkan sebagai agenda promosi. Anda bisa menawarkan produk terbaru, promo atau diskon spesial, dan layanan menguntungkan lainnya.
Ingat, lakukan pendekatan komunikasi penjualan secara halus tanpa terkesan agresif di media sosial. Sebagai gantinya, Anda bisa menampilkan penawaran semenarik mungkin agar para followers Anda bisa menjadi calon pelanggan.
Demikian uraian mengenai formula 70-20-10 sebagai rahasia sukses social media management dari memuat konten bernilai, interaksi, hingga promosi. Meski sudah memahami formula di atas, ada kalanya Anda membutuhkan bantuan untuk menyusun strategi konten dengan lebih komprehensif.
Jangan khawatir, Anda bisa mengandalkan EON Creative Digital melalui social media management services. Terdiri dari tim berpengalaman dan profesional, kami siap membantu proses pengelolaan media sosial bisnis Anda mulai dari perencanaan, eksekusi, bahkan hingga evaluasi. Jadi, tunggu apa lagi? Kami selalu siap untuk Anda.