Menurut beberapa ahli, salah satu kesuksesan kampanye email blast akan bergantung pada seberapa kualitas database yang Anda miliki. Namun, yang menjadi persoalan kini adalah apakah Anda sudah memiliki basis data tersebut?
Pada dasarnya, mengumpulkan database email tentu saja tidak bisa jadi hanya dalam semalam, kecuali Anda berusaha membelinya. Meski demikian, untuk mendapatkan basis data yang benar-benar useful dan impactful terhadap campaign, Anda membutuhkan proses. Jangan cemas, Anda bisa membuatnya mulai dari nol sehingga pemilik UMKM atau pelaku starup tidak perlu merasa risau lagi.
Penasaran bagaimana cara membuat basis data penting ini demi keberhasilan marketing?
Apa itu Database dalam Email Blast? Apa Bedanya dengan Email List?

Apakah Anda mengira bahwa database email akan sama dengan email list?
Memang kedua istilah ini sering kali dipakai secara bergantian. Meskipun sekilas hampir mirip, sebenarnya terdapat perbedaan mendasar antara keduanya.
Email list umumnya hanya terdiri dari daftar nama dan alamat email yang seringkali belum terverifikasi. Sedangkan database email lebih dari sekadar list alamat email semata. Basis data ini terdiri dari nama, jabatan, bidang industri, perilaku pengguna, data interaksi, keterlibatan, dan elemen esensial lainnya.
Dengan kata lain, database email adalah sekumpulan informasi prospek calon pelanggan. Data yang komprehensif ini memungkinkan marketer untuk mengoptimalkan email blast secara tertarget dan dapat dipersonalisasi sesuai dengan persona audiens.
Cara Membuat Database dari Nol agar Email Blast Sukses

Ada dua jalan sebenarnya untuk mendapatkan basis data untuk email marketing. Pertama, Anda bisa membeli data penting ini pada vendor tertentu. Kedua, Anda bisa mengumpulkan sendiri.
Jika Anda membeli melalui vendor, risiko data expired mungkin saja tidak terhindarkan dan belum tentu sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan. Oleh sebab itu, tidak sedikit pebisnis yang pada akhirnya memutuskan untuk mengumpulkannya sendiri.
Jangan khawatir, Anda bisa membuat basis data email mulai sekarang dengan beberapa cara berikut:
a. Manfaatkan Sign-up Form
Salah satu cara termudah dalam membuat database adalah dengan memanfaatkan formulir pendaftaran. Agar cara ini berjalan efektif, tempatkan form ini di tempat strategis seperti homepage, product page, dan lain sebagainya dengan template menarik.
Di satu sisi, tawarkan alasan kuat mengapa calon pelanggan harus mengisi sign-up form seperti mendapatkan berita atau informasi terkini.
b. Tawarkan Konten Eksklusif dan Insightful
Saat ini, audiens hanya peduli dengan sesuatu hal benar-benar dianggap penting bagi kehidupan mereka. Salah satunya adalah konten-konten helpful dan insightful. Anda bisa menawarkan konten premium untuk ditukar dengan email seperti laporan riset industri, update trends, e-book, dan lain sebagainya.
Cara ini juga bisa dikenal dengan strategi lead magnet. Dengan kata lain, konten berkualitas menjadi imbalan atas data email pelanggan.
c. Adakan Event Webinar atau Workshop Gratis
Cara membuat database email blast yang patut Anda coba adalah dengan mengadakan event relevan dengan target audiens seperti webinar atau workshop gratis.
Anda bisa meminta alamat email calon pelanggan dalam proses pendaftaran.
d. Berikan Kode Promo Menarik Setelah Berlangganan
Percayalah, diskon atau promo selalu memiliki daya pikat tersendiri bagi calon konsumen. Anda bisa memberikan imbalan bagi pelanggan Anda yang telah berlangganan dengan memberikan promo eksklusif.
Metode ini terbukti efektif untuk memperluas daftar penerima email marketing Anda.
e. Optimalkan Form Review
Ketika pelanggan Anda telah menyelesaikan transaksi, ajak mereka untuk mengisi form review. Selain menarik mereka untuk meninggalkan jejak email, Anda juga bisa mendapatkan insight penting terkait persepsi pelanggan terhadap bisnis.
Ini juga bermanfaat untuk dijadikan data evaluasi marketing kedepannya.
f. Buatlah Giveaway atau Kontes di Media Sosial
Cara lain yang cukup menarik adalah dengan mengadakan kompetisi atau giveaway di media sosial. Anda bisa menyusun term and condition giveaway dengan melibatkan pengisian data email.
Cara ini terlihat fun dan efektif untuk membidik leads baru.
g. Jalin Kerjasama dengan Bisnis Lain
Metode ini mungkin bisa dibilang jarang dipikirkan oleh pebisnis ataupun marketer yaitu bekerjasama dengan bisnis lain. Anda bisa mencari partner bisnis yang sekiranya memiliki audiens relevan dengan Anda.
Kemudian, Anda bisa saling bekerja sama untuk menyusun kampanye yang saling menguntungkan. Misalnya, Anda memiliki studio fotografi pengantin. Anda bisa berkolaborasi dengan bisnis make up bride untuk menciptakan promo bundle wedding menarik. Selain memperkuat value, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan basis data.
Jadi, diantara banyak cara di atas, manakah yang sudah Anda terapkan dalam membuat database email blast? Meskipun tidak bisa instan, Anda bisa memastikan bahwa data yang dikumpulkan benar-benar relevan dengan audiens bisnis. Percayalah, kunci dari database yang solid adalah konsistensi. Anda perlu rajin untuk terus memantau, memperbarui, maupun mengevaluasi kegunaan data secara berkala.
Masihkah Anda mengirim pesan email tanpa strategi matang? Jangan biarkan usaha Anda sia-sia! Saatnya Anda upgrade campaign untuk bidik potential ledas sekarang juga dengan layanan email blast dari EON Creative Digital. Sudahkah Anda siap?