Tagar Indonesia Gelap sempat ramai diperbincangkan di media sosial yang mengindikasikan kekhawatiran publik terhadap kondisi ketidakpastian ekonomi. Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh UMKM untuk bertahan?
Jangan khawatir, Anda bisa menerapkan beberapa tips rahasia dari marketing agency untuk membuat bisnis tetap bertahan di situasi ekonomi yang semakin tidak kondusif. Apakah Anda penasaran? Simak penjelasan rahasia lebih lengkapnya berikut ini.
Ramai #IndonesiaGelap dan Kondisi Ekonomi Awal 2025

Awal tahun 2025 bisa dikatakan bukanlah masa yang mudah bagi masyarakat Indonesia khususnya para pelaku usaha dan bisnis. Bagaimana tidak, gejolak ekonomi yang terus bergulir seakan menciptakan ketidakpastian yang terasa hampir di seluruh sektor.
Nilai tukar rupiah yang semakin melemah, ancaman deflasi ekonomi yang menghantui, dan daya beli masyarakat menurun seakan menjadi kombinasi sempurna untuk membuat banyak pihak merasa resah.
Tidak heran jika situasi ini mendorong munculnya keresahan kolektif dari publik di media sosial yang terefleksi dari tagar #IndonesiaGelap. Tidak sedikit masyarakat mengeluhkan bagaimana mereka harus berjuang mempertahankan bisnis, terkena dampak pemutusan hubungan kerja, hingga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?
Rahasia Bertahan dari Marketing Agency untuk UMKM

Jika Anda mungkin mengalami ataupun merasakan kekhawatiran yang sama, tetaplah tenang. Berikut adalah beberapa tips rahasia dari agensi pemasaran untuk usaha menengah dan mikro tetap bertahan di situasi ekonomi yang memburuk.
a. Menjaga Arus Kas dengan Cermat
Tips pertama dari marketing agency adalah menjaga arus kas. Bukan hanya soal pemasukan, tetapi lebih kepada bagaimana Anda mengelola arus kas dengan efisien.
Prioritaskan pengeluaran yang benar-benar mendukung operasional esensial bisnis dan penjualan. Tunda pengeluaran yang tidak mendesak dan lakukan evaluasi biaya rutin.
Anda juga perlu menghindari hutang yang memiliki bunga tinggi sehingga memberatkan kas usaha. Gunakan sistem pencatatan sederhana untuk tracking pemasukan maupun pengeluaran harian.
Percayalah, hasil keuntungan bisa saja terasa menipu, tetapi arus kas tidak akan berkata bohong.
b. Fokus Digitalisasi Pemasaran
Untuk mendongkrak penjualan, Anda membutuhkan strategi marketing. Meski begitu, aktivitas pemasaran sekali pun memerlukan biaya yang bisa saja tidak sedikit. Saat ini, Anda perlu pintar menyusun strategi pemasaran dengan segala keterbatasan dana.
Salah satu solusinya adalah memperkuat online presence dengan fokus pada penggunaan kanal digital. Lantas, bagaimana cara melakukan digitalisasi pemasaran?
Anda bisa memulainya dengan mengelola akun media sosial secara konsisten, menggunakan platform e-commerce untuk menjangkau pasar lebih luas, serta memanfaatkan alat pemasaran terjangkau seperti whatsapp blast, email marketing, dan lain sebagainya.
Pemasaran berbasis digital memberikan fleksibilitas tinggi untuk Anda menyesuaikan anggaran biaya yang terbatas. Walaupun demikian, Anda masih tetap bisa menjangkau audiens secara luas dan tepat sasaran.
c. Mengelola Branding & Kepercayaan Pelanggan
Marketing agency paham betul bahwa dalam kondisi ekonomi yang tidak pasti, orang cenderung lebih berhati-hati saat mengeluarkan uangnya. Oleh sebab itu, membangun kepercayaan pelanggan melalui aktivitas branding menjadi penting.
Langkah sederhananya, Anda bisa menampilkan testimoni pelanggan, menjaga konsistensi pesan brand dan visual, serta menerapkan strategi customer relationship management.
Ketika brand Anda memiliki kredibilitas yang kuat, maka di tengah krisis sekalipun, pelanggan akan tetap memilih Anda.
d. Menjalin Mitra atau Kolaborasi
Salah satu cara cerdas untuk bertahan di tengah tekanan adalah tidak berjalan sendirian. Artinya, Anda perlu memperluas jejaring dan peluang kolaborasi.
Anda bisa bekerja sama dengan bisnis lokal lain untuk promosi silang, berbagi sumber daya dengan komunitas UMKM, dan lain sebagainya.
Pada dasarnya, kolaborasi bukan hanya tentang berbagi, tetapi bagaimana Anda memperluas daya jangkau bisnis hingga menciptakan nilai tambah bersama.
Itulah beberapa rahasia bertahan dari marketing agency agar UMKM bisa survive di tengah ketidakpastian ekonomi. Ingatlah, sesulit apapun keadaannya, Anda pasti akan menemukan cara untuk berjuang.
Jika Anda masih bingung harus bagaimana, konsultasikan segala kebutuhan pemasaran Anda pada EON Creative Digital. Kami akan selalu siap membantu strategi digital marketing Anda menjadi lebih efektif dan terukur. Jangan ragu, hubungi kami sekarang juga! Tetaplah semangat!