Brand kopi asal China, Luckin Coffee, telah mendapatkan perhatian yang luar biasa sebab dinilai bisa menjadi pesaing berat brand kopi fenomenal Starbucks. Dengan ekspansi yang begitu masif di berbagai negara, bahkan kini telah memiliki gerai lebih dari 20.000, taktik digital marketing Luckin Coffee menjadi menarik untuk ditelusuri.
Apakah Anda penasaran bagaimana brand lokal ini mampu bersaing di kancah global? Mari belajar bagaimana pemasaran digital Luckin Coffee membuat mereka lebih stand out dan dikenal banyak orang.
Merek Kopi Asal Tiongkok yang Bikin Starbucks Ketar-Ketir

Hampir seluruh masyarakat global bisa dibilang pernah mendengar tentang gerai kopi Starbucks dengan jejaringnya yang begitu besar. Namun, kabar kurang menyenangkan datang dari kopi populer ini yang sempat mengalami penurunan penjualan di kuartal kedua 2025 sebesar 2%.
Di sisi lain, eksistensi Luckin Coffee telah menunjukkan kekuatannya sebagai brand kopi ternama di China. Kopi ini telah mengepakkan sayapnya hingga kancah internasional seperti membuka gerainya di AS, Hongkong, dan lain sebagainya. Pertumbuhan pesat dari brand asal China ini dianggap mampu mengancam dominasi Starbucks.
Belum lagi, brand kopi ini juga dinilai ramah di kantong dari segi harga, memiliki kualitas produk yang unggul, serta variasi menu yang menandingi Starbucks.
Lantas, bagaimana taktik digital marketing dari Luckin Coffee ini untuk memperkuat posisinya di pasaran? Penasaran?
Tenang, temukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini yang bisa menjadi insight menarik untuk brand owner maupun marketer yang bergerak di bisnis kopi atau F&B.
Taktik Digital Marketing Luckin Coffee yang Menarik Dipelajari

Keberhasilan ekspansi brand Luckin Coffee tentu tidak luput dari upaya pemasaran digital yang masif dilakukan. Berikut beberapa taktik yang brand kopi Tiongkok lakukan untuk memperluas jangkauan audiens sekaligus ekspansi bisnis:
1. Investasi pada Social Media Influencer
Luckin Coffee nampaknya sangat menyadari bahwa salah satu kekuatan digital marketing dalam membentuk opini publik dan memperluas jangkauan brand saat ini adalah berada di tangan para influencer.
Tanpa rasa ragu, brand kopi ini berinvestasi besar dalam memanfaatkan social media influencer di platform seperti WeChat, Douyin, dan Xiaohongshu yang tentu saja menjadi rumah bagi generasi muda di Tiongkok.
Taktik dan strategi ini tidak hanya efektif untuk menarik simpati konsumen muda, tetapi juga membangun loyalitas jangka panjang dan memperkuat eksistensi brand di tengah persaingan sengit industri kopi.
2. Optimasi Customer Journey Lewat Mobile Apps
Menarik dari apa yang dilakukan oleh Luckin Coffee adalah memanfaatkan aplikasi mobile khusus untuk meningkatkan customer journey. Melalui mobile apps, para pelanggan bisa memesan minuman favorit mereka bahkan mengatur pengiriman lokasi sesuai dengan preferensi.
Di sisi lain, para pelanggan bisa memilih gerai Luckin Coffee terdekat, memantau pesanan secara real-time, dan lain sebagainya.
Melalui platform mobile apps, Luckin Coffee juga menganalisis data perilaku pelanggan untuk memberikan penawaran atau rekomendasi relevan. Pendekatan ini memungkinkan brand kopi Tiongkok menyampaikan promosi dan relevan tepat sasaran sehingga mampu mendorong peningkatan penjualan.
3. Viral Social Fission Marketing
Taktik digital marketing yang tidak kalah menarik dari Luckin Coffee adalah mereka menerapkan viral social fission marketing. Luckin Coffee akan memberikan kopi gratis bagi siapa saja yang memperkenalkan mobile apps mereka di media sosial.
Taktik ini mampu mendorong terciptanya brand awareness secara organik dan menarik pelanggan baru. Di sisi lain, biaya akuisisi pelanggan baru ini dinilai setara dengan harga dua cangkir kopi sehingga taktik ini dinilai sangat efisien dan hemat.
4. Omni Channel Retail untuk Memperkuat Brand Presence
Keunggulan dari Luckin Coffee adalah mampu mengintegrasikan mobile apps mereka sebagai kanal online dengan gerai-gerai offline mereka secara mulus. Tidak hanya mengandalkan pemesanan secara digital saja, Luckin Coffee juga memastikan bahwa gerai kopi mereka tetapi bisa dijangkau oleh pelanggan.
Luckin Coffee telah membidik beberapa wilayah strategis seperti area titik transportasi, perkantoran, dan pusat perbelanjaan untuk menempatkan gerai mereka. Hal ini bertujuan demi mengoptimalkan aksesibilitas sekaligus visibilitas brand.
Demikian taktik digital marketing dari Luckin Coffee yang menarik untuk dipelajari dari bagaimana mereka memanfaatkan mobile apps, investasi pada social media influencer, hingga memastikan pengalaman pelanggan melalui omnichannel journey.
Di EON Creative Digital, kami selalu siap mendorong brand melalui digital marketing service untuk memperkuat market position mereka di tengah persaingan bisnis yang semakin sengit. Mulai dari riset dan brainstorming hingga evaluasi, kami siap mendampingi setiap proses Anda untuk menuju posisi teratas di industri.