Masihkah Brand Perlu Hire Social Media Agency di Tengah Gempuran AI?

Mungkin sebagai brand owner atau brand marketer Anda masih sering bertanya, masihkah Anda butuh jasa social media agency di era AI sekarang ini? Memang sulit di tampik bahwa AI hampir bisa mengakomodir pekerjaan social media management mulai dari mencari ide konten, menuliskan caption, hingga menghasilkan gambar. 

Lalu, apakah itu artinya Anda tidak lagi membutuhkan tim agensi di bidang social media? Jawabannya tentu saja tidak. Di era persaingan bisnis yang semakin sengit, kampanye di media sosial saat ini lebih dari sekedar mengunggah konten. Anda perlu melibatkan dimensi kreatif, kritis, dan empati untuk membuat konten brand semakin stand out

Hal tersebut tentu saja hanya bisa dilakukan oleh manusia dengan keahlian khusus seperti tim agensi media sosial. Simak beberapa keterbatasan AI yang wajib Anda pertimbangkan. Penasaran apa saja?

Ini yang Tidak bisa AI Lakukan Tapi Dikuasai oleh Social Media Agency

Ini yang Tidak bisa AI Lakukan Tapi Dikuasai oleh Social Media Agency

Artificial intelligence memang memiliki kekuatan yang begitu powerful. Meski demikian, untuk membuat kinerja AI lebih impactful, Anda masih memerlukan sentuhan manusia seperti bantuan dari agensi. 

Berikut adalah beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh AI, tetapi agensi media sosial bisa lakukan untuk brand Anda: 

a. Melihat Big Picture Brand Anda Secara Komprehensif

Lanskap media digital saat ini cukup berubah dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, penting bagi brand owner atau marketer untuk fokus pada strategi inovatif demi menciptakan value pelanggan dan mendorong perkembangan bisnis di masa mendatang. 

Pemikiran komprehensif seperti ini adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh AI. Mungkin saja AI bisa dengan mudah menemukan ide pemasaran media sosial.

Namun, Anda perlu kecerdasan manusia untuk memahami dan menganalisis bagaimana strategi social media marketing bisa benar-benar memenuhi kebutuhan bisnis. 

Tim agensi media sosial umumnya mampu merancang dan menata strategi yang selaras dengan misi brand Anda secara menyeluruh, bukan hanya sekadar membaca data. 

b. Menyentuh Hati Audiens Lewat Konten yang Penuh Empati

Pemasaran dimanapun itu selalu memainkan psikologis manusia. Teknologi seperti AI tidak mampu untuk memahami nuansa perasaan atau emosi manusia secara menyeluruh.

Empati tentu saja menjadi kunci untuk memperkuat hubungan dengan audiens. Hal ini wajib menjadi fokus utama bagi marketer di setiap kampanye brand termasuk melalui konten media sosial. 

Agency akan membantu Anda untuk memahami audiens dengan lebih baik. Mereka memiliki kepekaan terhadap dinamika sosial dan tren yang berkembang. Mereka juga mampu menciptakan narasi kampanye lebih personal dan emosional yang belum bisa dicapai oleh AI. 

c. Menjaga Konsistensi Identitas Brand di Setiap Campaign

Salah satu keberhasilan kampanye brand adalah sejauh mana audiens mengenali identitas bisnis Anda. Meski demikian, kesuksesan ini akan mustahil tercapai jika tanpa adanya konsistensi pada setiap implementasinya. 

AI mungkin saja bisa mengatur elemen konten agar senada dengan identitas brand, namun konsistensinya perlu dipertanyakan lebih lanjut. 

Sebagai third-party yang bertugas mendukung strategi social media marketing, agensi akan memastikan bahwa kampanye yang diimplementasikan telah sesuai dengan jati diri brand Anda sebenarnya baik dari segi visual maupun narasi verbalnya. 

social media agency

d. Menggunakan Critical Judgement untuk Evaluasi Campaign

Benar adanya bahwa AI memang bisa membaca angka. Akan tetapi, hanya manusia yang bisa menilai dengan nuansa atau konteks tertentu. Agensi media sosial akan memberikan analisis secara detail untuk mengevaluasi apakah campaign Anda benar-benar berhasil. 

Tidak hanya sekadar meninjaunya dari metrik, tim agensi akan melihat sejauh mana kampanye ini mampu memberikan dampak kepada bisnis sekaligus membaca atau memprediksi pengaruh masa depan. 

e. Membangun Relationship dengan Stakeholder

Salah satu strategi social media marketing yang tentu saja tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah bekerja sama dengan influencer, komunitas online, dan lain masih banyak lagi. Mereka akan menjadi stakeholder Anda. 

Untuk keberhasilan campaign jangka panjang, Anda perlu menjalin hubungan baik dengan para stakeholder. Dengan demikian, kebutuhan untuk menjaga interaksi tetap harmonis antara brand dan stakeholder semakin menguat. Tim agensi media sosial tahu betul bagaimana cara menjaga hubungan ini tetap harmonis dan tentunya membawa manfaat. 

Jadi, apakah Anda perlu menggunakan jasa social media agency di tengah kecanggihan AI? Jawabannya, masih perlu. Anda membutuhkan pandangan ahli dan dukungan dari third-party untuk memastikan apakah kampanye brand benar-benar impactful

Anda masih kebingungan memilih social media agency diantara banyak pilihan yang ada? Tenang, EON Creative Digital memiliki layanan social media management yang komprehensif, mulai dari proses riset, pemahaman identitas brand, penciptaan narasi, dan masih banyak lagi. Tentu saja Anda akan didampingi oleh tim kreatif berpengalaman. Jadi, tunggu apa lagi?

Explide
Drag