Pernahkah Anda sesekali meragukan kekuatan SMS & MMS blast sebagai strategi pemasaran? Sejujurnya, di era teknologi yang semakin canggih, ada banyak pilihan marketing channel menjanjikan. Hal inilah yang mungkin dirasakan oleh pebisnis atau marketer saat ini melihat pemakaian SMS & MMS sebagai sesuatu hal yang out of date.
Namun, percayalah bahwa strategi SMS & MMS masih sangat relevan dan layak untuk Anda coba dengan tren dunia pemasaran yang mengandalkan pendekatan omnichannel. Dengan tingkat open rate capai lebih dari 95%, Anda tentu akan kehilangan kesempatan besar jika mengabaikannya begitu saja.
Oleh sebab itu, ketahui lebih detail terkait peran SMS & MMS dalam pemasaran omnichannel serta cara menggabungkannya dengan saluran lain.
Mengapa SMS & MMS Blast Masih Memiliki Peran Penting dalam Omnichannel Marketing?

Di era sekarang ini, jika hanya mengandalkan satu channel pemasaran saja, rasa-rasanya mustahil untuk mendapatkan ROI yang optimal. Maka dari itu, di dunia marketing yang begitu kompetitif, Anda perlu hadir di berbagai saluran agar pelanggan bisa menemukan bisnis dengan lebih cepat.
Jadi, Anda harus memikirkan sedemikian rupa terkait omnichannel marketing agar komunikasi dengan pelanggan berjalan efektif dan konsisten di berbagai touch point.
Di antara banyak pilihan channel, SMS & MMS memiliki peranan penting sebagai channel yang cepat, sederhana, dan personal. Tidak heran jika saluran pemasaran ini cukup adaptif untuk diintegrasikan dengan channel lain. Lantas, bagaimana cara menggabungkan SMS & MMS dalam pemasaran omnichannel?
Cara Integrasi SMS & MMS Blast dalam Strategi Omnichannel Marketing

Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk menggabungkan SMS & MMS ke dalam strategi omnichannel:
SMS & MMS - Email Blast
Email dan SMS/MMS bisa jadi channel yang saling melengkapi satu sama lain agar strategi marketing Anda semakin berdampak.
Salah satu cara untuk mengintegrasikannya adalah dengan memakai SMS & MMS sebagai follow up messages jika email blast Anda sebelumnya belum dibuka.
Dengan demikian, SMS/MMS memiliki peran untuk menarik atensi calon pelanggan Anda yang mungkin saja melewatkan pesan pemasaran email.
Pada akhirnya, kombinasi kedua saluran ini bisa meningkatkan peluang konversi.
SMS & MMS - Social Media
Apakah Anda sedang mengadakan giveaway di social media namun masih sepi peminat? Tenang, Anda bisa menggunakan strategi SMS & MMS blast
Kadang kala promosi di media sosial tidaklah selalu mudah untuk akun yang masih memiliki sedikit followers. Belum lagi, Anda harus dihadapkan dengan biaya social media ads atau kolaborasi influencer yang tidak sedikit.
Maka dari itu, SMS & MMS marketing ini bisa jadi solusi hemat untuk mendorong engagement pelanggan Anda.
SMS & MMS - Push Notification
Sebagai pebisnis, Anda sesekali perlu menyampaikan informasi penting kepada pelanggan. Anda perlu memastikan bahwa pesan penting tersebut benar-benar terbaca.
SMS & MMS bisa jadi solusi efektif agar pelanggan Anda tidak terlewatkan notifikasi penting ini.
Misalnya, Anda memiliki layanan pesan antar makanan. SMS bisa jadi channel yang tepat untuk mengingatkan status pesanan pelanggan sebab tidak semua orang rutin akan membuka aplikasi.
SMS & MMS - Customer Service
SMS/MMS juga dapat Anda manfaatkan untuk pelayanan konsumen. Sering mendapatkan keluhan keterlambatan respon dari pelanggan?
Anda bisa mengintegrasikan SMS/MMS pada sistem dukungan seperti CRM sehingga memberikan Anda pelacakan data real time untuk proses pemantauan pelayanan konsumen.
SMS & MMS - E-commerce
Pelanggan Anda tidak kunjung checkout di keranjang e-commerce? Jangan cemas, Anda bisa memakai SMS & MMS blast sebagai reminder pelanggan agar segera menyelesaikan proses pembelian
Selain menggunakan chatbot, email, dan lain sebagainya, SMS/MMS bisa jadi saluran personal untuk Anda mempersuasi pelanggan.
SMS & MMS - Promosi Toko Offline
Meski semua serba digital, promosi offline store juga tetap perlu Anda perhatikan. Lantas, bagaimana cara menggunakan SMS & MMS untuk kepentingan ini?
Anda bisa menggunakan SMS/MMS untuk mengirimkan bukti transaksi serta memberikan notifikasi penawaran menarik bagi pelanggan yang datang langsung ke offline store.
Demikian penjelasan mengenai cara integrasi SMS & MMS blast dalam strategi omnichannel marketing. Untuk bisa bersaing di industri, Anda benar-benar perlu memakai semua saluran yang ada mulai dari SMS, email, social media, e-commerce, hingga toko offline.
Ingin menjangkau pelanggan Anda lebih cepat dan personal? Gunakan SMS & MMS blast service dari EON Creative Digital Agency. Anda bisa mengoptimalkan pemasaran multichannel dan menjadikan SMS & MMS sebagai pendukung maupun pelengkap strategi Anda.