Apakah Anda sedang mencari cara untuk mendongkrak penjualan bisnis di e-commerce? Jika iya, SMS & MMS blast bisa jadi strategi yang patut Anda coba. Dengan open rate yang tinggi, strategi ini terbilang cukup efektif untuk Anda gunakan dalam meningkatkan product awareness maupun sales.
Lantas, bagaimana cara menggunakan strategi SMS & MMS marketing agar memberikan dampak signifikan pada penjualan produk di e-commerce? Jangan pusing, temukan jawabannya sekarang melalui penjelasan artikel berikut ini.
Strategi SMS & MMS Blast Ampuh untuk Penjualan E-commerce

Terdapat dua strategi besar yang bisa Anda optimalkan melalui penyebaran pesan massal SMS. Beberapa brand di e-commerce melakukannya dengan cara berikut:
1. Campaign
Pertama adalah strategi kampanye. SMS & MMS blast berbasis kampanye umumnya digunakan untuk mengirimkan pesan promosi kepada sejumlah konsumen secara bersamaan.
Isi pesan ini biasanya seperti promo spesial, diskon khusus, atau informasi terkait penjualan produk terbaru. Lalu, apa tujuannya?
Campaign dilakukan untuk membangun kesadaran instan dan mendorong respons cepat dari calon pelanggan. Berikut sederet contoh campaign yang bisa dilakukan oleh brand di e-commerce:
a. Pesan-pesan Promosi
Kampanye yang menyertakan informasi terkait promosi produk seperti potongan harga, cashback menarik, point rewards, flash sale, dan lain sebagainya.
Goal dari pesan-pesan promosi ini adalah memunculkan minat beli audiens dengan cepat, meningkatkan trafik platform e-commerce, dan mendorong transaksi instan.
b. Holiday or Seasonal Campaign
Contoh strategi campaign selanjutnya adalah memanfaatkan momentum seasonal atau hari libur untuk memberikan penawaran menarik. Biasanya, pelanggan akan terbuka bahkan berburu promo saat ada momen khusus seperti Hari Raya, tahun baru, dan lain sebagainya.
Anda bisa memaksimalkan momentum ini untuk meningkatkan volume penjualan dalam waktu singkat.
c. Launching Produk Baru
Strategi campaign ini umumnya dipakai saat Anda ingin meluncurkan produk terbaru. Tujuannya adalah pelanggan Anda menjadi orang pertama yang mengetahui dan mencoba produk baru tersebut.
Kampanye launching produk baru melalui SMS & MMS dapat meningkatkan rasa penasaran dan antusiasme konsumen.
d. Pengumuman Event
Pelanggan loyal biasanya menyukai pengalaman baru dan menarik dari brand kesayangan mereka. Untuk itu, manfaatkan SMS & MMS untuk memberikan informasi terkait event menarik di platform e-commerce Anda.
Misalnya, Anda bisa menawarkan join live streaming exclusive di e-commerce untuk mendapatkan potongan harga besar.
2. Automated SMS

Strategi kedua adalah melalui SMS & MMS otomatis. Berbeda dengan campaign blast yang cenderung dikirim sama dan serentak ke semua audiens, automated SMS ini sifatnya lebih personal karena menyesuaikan tingkah laku atau data spesifik pelanggan.
Lantas, apa tujuan dari pendekatan ini? Brand dapat membangun kedekatan personal dengan calon pelanggan, memastikan engagement tetap tinggi, bahkan mendorong terjadinya konversi.
Di sisi lain, pesan otomatis ini cukup efisien karena telah diatur sedemikian rupa menyesuaikan pemicu tertentu atau trigger-based. Berikut adalah beberapa contoh pesan otomatis:
a. Welcoming Message
Saat ada calon pelanggan yang mulai mengikuti platform e-commerce Anda, ucapkan selamat datang melalui pesan otomatis ini. Selain menumbuhkan kedekatan, brand dapat menawarkan value produk kepada calon pelanggan baru.
b. Birthday Celebration Message
Percayalah bahwa setiap orang menginginkan dirinya diberlakukan secara spesial, termasuk pelanggan Anda. Berikan penawaran spesial di hari ulang tahun mereka seperti diskon khusus, potongan harga senilai tanggal spesial, dan lain sebagainya.
Selain merasa diperhatikan, pesan ini juga dapat mempererat hubungan emosional dan mendorong urgensi pembelian pelanggan.
c. Abandoned Cart Reminder
Sering kali calon pelanggan menginginkan produk Anda dengan memasukkan ke keranjang pembelian, namun belum benar-benar menyelesaikan transaksi dalam waktu tertentu.
Pesan ini berfungsi sebagai pengingat mereka. Anda juga bisa sekaligus menyisipkan penawaran agar pelanggan segera melakukan pembelian.
d. Stock SMS Notification
Pesan ini umumnya dipakai untuk memberitahu update stock kepada pelanggan loyal. Untuk barang-barang best seller, Anda bisa memanfaatkan stock SMS notification sebagai jawaban atas permintaan pelanggan.
Di sisi lain, pesan ini biasanya membawa nuansa eksklusivitas dan mendorong rasa FOMO sehingga pelanggan akan segera membeli barang-barang incarannya.
Dengan memadukan strategi SMS & MMS blast yaitu campaign dan pesan otomatis, Anda tidak hanya akan meningkatkan penjualan di e-commerce, tetapi juga menjalin koneksi personal dengan para pelanggan.
Ingin mendapatkan rekomendasi strategi terbaik untuk toko online kesayangan? Tanyakan semuanya pada EON Creative Digital. Kami memiliki layanan SMS & MMS blast yang komprehensif mulai dari riset ide/strategi, implementasi penyebaran pesan, hingga evaluasi. Tentu menarik, bukan? Ayo, segera hubungi kami!